Nggak Ngadi-Ngadi. Fix Bunga Telang Banyak Manfaat. Kamu Pasti Auto Pengen. Tapi

November 18, 2020


Perkenalkan bunga berwarna biru ini namanya Bunga Telang atau nama lainnya butterfly pea atau Clitoria ternatea atau Blue Pea Flower. Tanaman bunga ini berasal dari Amerika Selatan bagian tengah yang menyebar ke daerah tropik sejak abad 19, terutama ke Asia Tenggara termasuk Indonesia. Bunga ini memiliki ada 2 jenis yaitu bunga telang tumpuk & bunga telang selapis. Terdapat tiga warna, diantara yaitu warna ungu, biru dan putih.  

 

Di Indonesia, bunga telang digunakan sebagai obat mata pada bayi. Lain halnya jika di luar negeri, seperti Taiwan, Filipina, India & Malaysia, telah memanfaatkannya sebagai panganan. Bunga berwarna biru ini, dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan.

 

Saya rasa bunga telang ini mulai banyak dikenal masyarakat saat masa pandemi virus corona. Awalnya saya tahu bunga telang ini dari teman di instagram, Mba Kei. Dia membuat teh dari bunga telang. Saya tertarik dengan warnanya yaitu warna biru –warna kesukaan saya. Dia berbagi cara membuat teh telang yang berwarna gradasi biru dan ungu. Cantik deh tehnya. Lalu saya jadi pengen buat. Dari sini saya sadar, padahal di rumah ada tanaman bunga telang loh. Ckckck. LOL.  

 

Aneka macam bunga telang


Nggak Ngadi-Ngadi. Fix Bunga Telang Banyak Manfaat

Beneran sungguh. Nggak ngadi-ngadi (tidak bohong atau tidak mengada-ngada) bahwa bunga telang banyak manfaatnya. Berikut saya rangkum manfaat bunga telang dari berbagai sumber. Selain bermanfaat untuk tubuh juga bisa bermanfaat untuk hal lain. Baca sampai selesai ya. 

 

1.Kaya antioksidan sehingga bisa mengelola stres oksidatif pada sistem biologis. Dapat pula menangkal radikal bebas, penghambatan enzim oksidatif, sebagai pengkelat ion logam, dan sebagai kofaktor enzim antioksidan.

 

2. Anti kanker. Bunga telang mengandung flavonoid seperti kaempferol dan quercentin yang berpotensi digunakan sebagai antikanker. Sehingga dapat membunuh sel-sel kanker dan menghambat kecepatan migrasi dari sel kanker payudara. 

 

3. Bunga telang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Sehingga bunga telang mampu menghilangkan rangsangan berbahaya. Termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, patogen, dan memulai proses penyembuhan. Bahan antiinflamasi pun berperan sebagai analgesik yang dapat memengaruhi sistem saraf untuk menghambat sinyal nyeri ke otak. 

 

4. Bunga telang memiliki aktivitas antimikroorganisme yang luas. Sifat yang dimiliki ekstrak bunga telang ini bisa membantu menghambat pertumbuhan tiga bakteri patogen. Bakteri Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus and Escherichia coli.

 

5. Bisa untuk stress. Karena terdapat kandungan adaptogenik. Stres ini yang dapat terkontrol ini sangat efektif menjaga tekanan darah tinggi. Bahkan terdapat antsiolitik yang ampuh atasi masalah depresi.

 

6. Meningkatkan daya ingat. Terbukti bahwa ekstra bunga telang dapat meningkatkan kadar Asetilkolin. Asetilkolin adalah neurotransmitter atau zat kimia penghantar yang memegang peranan vital, dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

 

7. Bisa untuk mata. Kembang telang bisa digunakan sebagai obat untuk gangguan penglihatan seperti, mata merah atau sakit mata lainnya. Selain itu, khasiatnya dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah. Ekstrak bunga telang berpotensi sebagai anti-katarak.

 

8. Bisa sebagai pewarna makanan. Aman untuk dikonsumsi maka antosianin dari bunga telang berpotensi untuk dijadikan pewarna alami pada bahan pangan. Warna biru dari bunga telang telah dimanfaatkan sebagai pewarna biru pada ketan di Malaysia. Bunga telang juga dimaka nsebagai sayuran di Kerala (India) dan di Filipina.

 

9. Bisa digunakan sebagai alternatif pewarna pakaian alami. Hal ini sudah dipraktekkan oleh demi bumi. Mewarnai handuk. Caranya rebus handuk bersama bunga telang. Jika dirasa warna biru dari bunga telang sudah menyerap pada kain, angkat. Lalu celup dengan air lemon agar warnanya tidak luntur.  Selanjutnya tinggal dijemur. Video lengkapnya cek di sorotan instagram demi bumi 

 

 BACA JUGA :  Gorengan Itu Enak. Valid. No Debat ?

 

Banyak Cara Mengkonsumsi Bunga Telang

 

1. Bunga telang bisa langsung dimakan. Maksudnya bunga telang yang baru dipetik ya. Saya coba makan bunga telang. Rasanya kayak kacang gitu. Enak kok. Kamu juga bisa makan bunga telang yang langsung dipetik. Hati-hati ada semut ya. 

doc pribadi

 

2. Kacang bunga telang juga bisa dimakan dengan cara diolah dulu, bisa dimasak menjadi capcay. Ide pengolahan ini terinspirasi dari mommy Ike. Saya pribadi baru petik. Belum coba masaknya. Hehe. Pilih kacang bunga telang yang masih muda. Biji di dalamnya belum keras.

 

 3. Saya juga tahu dari mommy ike bahwa bunga telang bisa dijadikan es krim. Mommy ike menamainya es krim mentah. Bahannya yaitu pisang yang sangat matang, saus coklat, buah lainnya yang telah dibekukan (contohnya strawberry, kiwi, nanas,dll sesuai selera) atau tambah bunga warna warni edible lainnya. Caranya pisang dibekukan dulu ke dalam freezer. Kira-kira butuh waktu semalaman agar pisang & buah-buahan lainnya membeku. Keluarkan, kemudian hias dengan bahan lainnya. Mudah kan? Lebih lengkapnya bisa cek di channel Youtube Hidup Alami ala Momi Ike

 

4. Bunga telang juga bisa dijadikan sebagai minuman. Salah satunya yang paling mudah adalah teh telang. Saya sudah mempraktekkannya. Cara membuatnya saya dapat dari Mba Kei. Teh ini berwarna biru dan ungu dalam 1 gelas. Warna ungu & biru ini tidak tercampur karena ditambahkan perasan lemon atau jeruk nipis. Teh telang ini bisa disajikan panas ataupun dingin. Bahan yang diperlukan yaitu bunga telang, perasan lemon/jeruk nipis, pemanis (air gula/madu). Cara membuatnya seduh terlebih dahulu bunga telang dengan air hangat. Lalu tambahkan air gula/madu. Aduk, kemudian tambahkan perasan jeruk nipis/lemon. Yuk coba buat ^^ 

doc pribadi
doc pribadi

 5. Panganan lainnya yang mudah membuatnya adalah sayur biru bunga telang. Cara memasaknya seperti memasak sayur bayam. Katanya sih enak. Bahan-bahannya yaitu bunga telang yang baru dipetik, daun telang, kacang telang, bawang merah cincang, cabe keriting cincang, daun salam & garam. Pertama didihkan air. Lalu tambahkan bawang merah iris, cabe keriting iris, daun salam dan garam. Masukkan bunga telang, daun telang dan kacang telang ke air yang sudah mendidih tersebut. Tunggu sampai daunnya layu, kemudian angkat. Sayur Biru bunga telang siap disantap.  Lebih lengkapnya bisa tonton video channel YouTube Kampus dan Kampung 

 

6. Bunga yang berwarna biru ini aman dikonsumsi manusia. Bunga telang bisa dijadikan bubuk pewarna makanan. Trend makanan ini dinamakan blue matcha. Blue matcha terbuat dari bunga telang yang dikeringkan. Selain memiliki perbedaan pada warna dengan green matcha. Perbedaan lainnya yakni kandungan antioksidan lebih banyak green matcha. Meskipun demikian, kamu tetap bisa mencampurkan blue matcha ke dalam smoothies atau minuman.



Tapi, bunga telang itu ...

 

Bunga telang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan, juga bisa sebagai bahan panganan ataupun pewarna alami. Penggunaan bunga telang untuk kesehatan dapat disebut sebagai pengobatan herbal. Karena menggunakan bahan yang langsung didapatkan dari alam. Tanpa melalui proses kimiawi sebagaimana obat-obatan yang ada di apotik. 

 

Jika kamu ingin memanfaatkan bunga telang sebagai obat, menurut saya sah-sah saja. Namun, hal yang perlu digarisbawahi adalah sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau ahlinya. Perlu panduan jika ingin mengkonsumsinya secara rutin. Terutama untuk ibu hamil & menyusui. Riset manfaat bunga telang, masih terbatas pada penelitian hewan. Penelitian pada manusia, untuk membuktikan manfaat bunga ini, masih diperlukan. Selain itu, dosis yang aman belum bisa dipastikan. 

 

Sebenarnya saya suka menyeduh teh dari bunga telang ini. Namun, tidak minum setiap hari. Hanya saat ingin saja. Meskipun bunga ini memiliki banyak khasiat, tetaplah mengkonsumsinya secara wajar ya. Sesuatu yang berlebihan itu nggak bagus, loh. 

 

BACA JUGA :  Halo Aku Buah Kesemek!

BACA JUGA :  Perihal Mukbang

 

Penutup

 

Semenjak pandemi virus corona, kita dianjurkan untuk lebih banyak diam di rumah. Aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan di rumah salah satunya adalah berkebun. Kamu bisa menanam bunga telang di rumahmu. Cara mendapatkan bibit bunga telang bisa diambil dari kacang bunga telang berwarna coklat yang sudah kering. Cara lainnya beli bibit secara online, ataupun di toko perkebunan.  Namun, jika kamu ingin langsung mengkonsumsi bunga tanpa menanam juga bisa. E-commerce banyak yang menjual bunga telang dalam bentuk bunga yang sudah kering.  

 

Kita pun “dituntut”  untuk lebih sering mengkonsumsi makanan minuman yang bergizi. Tentu saja bervitamin dan bermanfaat untuk tubuh kita. Salah satunya bunga telang yang banyak sekali manfaatnya ini. Masyaallah. 

 

Terimakasih telah membaca

Semoga bermanfaat ^^

 

 

Referensi : 


 

Nih buat jajan

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)