Aku Masih Peduli. Kalau Kamu?

Februari 21, 2021



Masa pandemi, seringnya turun hujan dan mager sepertinya menjadi alasan utama memilih layanan pesan makanan online. Begitu mudah, praktis, bisa menghemat waktu dan tenaga. Saat ingin beli makan di luar, tapi ada anjuran  #dirumahaja. Maka saatnya jempol mengotak-atik aplikasi pesan makanan. Kita tinggal tunggu deh di rumah. Mudahnya. Alhamdulillah

Namun, saya menawarkan diri sebagai seksi makanan yang bertugas untuk membeli makanan di luar. Tentu saja yang jaraknya dekat. Yang lokasinya sekitaran rumah.


BACA JUGA : Yuk Ganti Plastik Dengan Tas Ramah Lingkungan. Kehidupan Tote! 


Rasanya seneng banget jika berhasil menyelesaikan misi ini. Misinya adalah menolak sedari awal penggunaan plastik/ barang sekali pakai. Plastik bening, kertas coklat yang biasanya untuk bungkus nasi, sterofoam, daun pisang, dll. (Soalnya komposter di rumah udah penuh. T.T). Kalau saya yang beli bisa mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Bawa wadah makan sendiri seperti tempat makan Tupperware dan rantang stainless.

Alasan lainnya agar tidak bosan di rumah selama masa pandemi ini. Meskipun jaraknya dekat, tetap menggunakan masker dan melaksanakan protokol kesehatan. Sampai di rumah langsung cuci tangan.

 

RANTANG STAINLESS

Rantang model ini sepertinya cocok untuk makanan berkuah dan porsinya banyak. Misalnya cap cay, dan soto. Kalau rantang susun untuk wadah makanan lauk-pauk. Masih PR banget buat saya adalah beli sate. Ribet karena ada tusuk satenya. Ya kali beli nggak pakai tusuk sate. Bukan sate namanya. Rasanya seperti kurang lengkap gitu. Hehe.

Nah, apakah rantang ini bisa untuk wadah sate? Belum pernah saya coba. Haha. Kalau kamu gimana? Sudah pernah coba?




Saya suka menggunakan wadah stainless. Karena jika terkena noda minyak lebih cepat bersih daripada wadah plastik BPA Free. Namun, terkadang bunyi stainless bikin ngilu dan bahan cepat menghantarkan panas. Menemui rantang ini lumayan sulit kata ibu saya. Soalnya ini model kuno. Tapi Alhamdulillah untungnya bisa dapat. Belinya di toko yang jual perabotan dekat pasar. Bukan di dalam mall.

 

HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Semoga aksi baik ini bisa menjadi kebiasaan. Semoga bisa konsisten. Saya tak bosannya membujuk orang rumah untuk pakai wadah sendiri. Mengajak peduli lingkungan. Juga tak bosannya saya berbagi cerita. Agar semakin banyak yang peduli dan bergerak tentang isu lingkungan.

Tak terasa telah berlalu 2 tahun isu ini menarik perhatian saya. Sejak tahun 2019, dan bertemu lagi di hari peduli sampah nasional 21 Februari. Meskipun demikian,  jangan sehari saja. Jangan hanya tanggal 21 Februari saja kamu peduli. Seharusnya kita peduli lingkungan – terutama isu sampah – dilakukan setiap hari. 


Kamu peduli juga kan?  Percuma kalau saya saja. Yuk kita kerjasama ^^

 

Terimakasih telah membaca

Semoga bermanfaat ^^



Nih buat jajan

You Might Also Like

0 komentar

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)

Instagram