9 Vlog Korea Yang Aesthetic Ini Ternyata Menerapkan Zero Waste Lifestyle

Juni 06, 2021


Selamat hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni.  Tahun ini temanya “Restorasi Ekosistem” dan fokus pada pengaturan ulang hubungan manusia dengan alam. Ya, tentu saja manusia sangat erat dengan alam. Manusia yang membutuhkan alam atau justru sebaliknya ? Jika lingkungan bersih dan nyaman, pasti hati merasa senang. Juga berlaku sebaliknya, jika lingkungan kotor, pikiran menjadi kacau.

Yuk mari bersama-sama menjaga lingkungan. Isu lingkungan tak hanya untuk Pemerintah atau aktivis saja. Melainkan , untuk semua manusia. Semua kalangan. Peduli lingkungan bisa dimulai dengan mencari informasi dan mengedukasi diri sendiri. Cara asiknya bisa dari menonton film dokumenter dan menonton vlog. 

+++++++++++++++++++++++++++++++++++

Kalau mendengar kata “Korea”, apa yang terlintas dibenakmu? Drama korea? Oppa korea? Boyband dan girlband? Mukbang makanan? Nggak salah sih. Rasanya Negara Korea Selatan memang identik dengan dunia hiburan. Namun, kali ini aku akan membahas yang agak berbeda. Vlog korea yang aesthetic dan menenangkan.

Izinkan aku bercerita dulu ya. Hehe. Jadi ceritanya begini. Awalnya suka nonton youtube masak-masak ASMR dari semua Negara. Lalu ketemu channel YouTube Deli Bali, dan channel lainnya tentang street food. Terutama dari Negara Jepang dan Korea.  Ketika menonton biasanya ada saran atau rekomendasi channel yang berhubungan. Muncul lah Hamimommy. Awal nonton wah keren banget, aesthetic.  20 menit bisa ku habiskan tanpa skip. Haha. Kira-kira begitulah sejarah kenal  vlog korea.


BACA JUGA : Gorengan Itu Enak. Valid No Debat?  


Kenapa Vlog korea ?

Rasanya bosan nonton vlog Indonesia, dan dari negara lainnya yang terlalu banyak bicara. Kadang juga merasa bosan menonton film dokumenter tentang lingkungan. Ya, pokoknya bosan ingin sesuatu yang berbeda.

Aku menyukai video ASMR dan sedikit bicara. Maka dari itu, aku juga upload video di YouTube. Silahkan mampir ya. *iklan lewat. Vlog korea ini agak unik. Tidak memperlihatkan wajah, bercerita lewat subtitle video, sedikit bicara dan musik yang menenangkan. Tidak semua vlog korea seperti ini sih. Ada  juga yang kebalikannya. Namun, aku menyukai jenis video yang seperti itu.

Tidak hanya vlog Korea, vlog Jepang juga ada. Mungkin ditulisan berikutnya aku bahas tentang vlog Jepang ya.  Hasil dari ubek-ubek YouTube, dan rekomendasi dari Kirinkimbap . Berikut ini 9 channel vlog korea yang menyoroti nilai zero waste lifestyle , yaitu:  

1. Hamimommy . Ini channel favoritku. Seorang ibu rumah tangga korea yang mempunyai anak perempuan. Namanya Hami. Tinggal bersama suaminya dan hidup minim sampah. Bisa dilihat dari saat belanja dan alat pembersih di dapurnya.  ASMR, dan musik yang tidak dominan. Anaknya lucu, cantik. Masyaallah. Rumahnya bagus, rapih, dan asri.

kanal YouTube Hamimommy

2. Haru green .Ibu rumah tangga di korea. Videonya membahas tentang perawatan rumah, kehidupan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Juga mengadopsi zero waste lifestyle. Tentu saja videonya aesthetic.


kanal YouTube Harugreen

3. Onul  Ibu rumah tangga yang memiliki anak perempuan. Dalam profil YouTube-nya menyatakan bahwa dia pemula dalam zero waste dan minimalis. Sama dong seperti ku. Hehe.

Kanal YouTube Onul


4. Jinday Ibu rumah tangga lagi nih. Videonya tentang kehidupan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, sama seperti channel sebelumnya. Mengadaptasi kehidupan eco-friendly.

kanal YouTube Jinday

BACA JUGA : Memilah Sebelum Membuang Langkah Bijak Kelola Sampah


5. _bettersimple  Memberikan berbagai tips dalam menerapkan zero waste lifestyle. Contohnya tips daur ulang, mengatur dapur dan memasak.

kanal YouTube _bittersimple


6. Suldal . Ibu rumah tangga di korea memiliki anak perempuan. Bercerita tentang kehidupan sehari-hari termasuk saat memasak. Ada salah satu video saat belanja di Daiso. Sabun ramah lingkungan, deterjent ramah lingkungan. Semoga produk yang dibeli bukan greenwashing ya.   

kanal YoTube Suldal


7. 슬독지니 sldokjinny  Ibu rumah tangga korea yang tinggal di Jerman. Bercerita tentang perjalanan less waste-nya. Seperti membuat meal plan, belanja membawa kantong sendiri, dan sikat pembersih dapurnya. 

kanal YouTube 슬독지니 sldokjinny


8. Heejo  kanal ini bukan tentang ibu rumah tangga. Namun, pekerja yang tinggal sendirian di apartemen. Suka berkebun, memasak, membaca dan kerja dari rumah. Selain menerapkan zero waste juga minimal lifestyle.

kanal YouTube Heejo


9. 친절한 래교[ zero-waste ]  Ibu rumah tangga korea yang memiliki 2 anak laki-laki dan perempuan. Memiliki bulkstore usahanya sendiri. meskipun, vlog ini masih memperlihatkan wajah. Namun, keren banget. Berbagi cerita tentang makanan vegetarian di korea dan perilaku zero waste lifestyle lainnya.

kanal YouTube 친절한 래교[ zero-waste ]


Persamaan dari vlog korea di atas

Biasanya setelah melakukan aktivitas, dilanjut dengan video memasak. Kemudian makan sendiri atau bersama keluarga. Juga menyeduh kopi sendiri. Kopi dari bijinya ataupun yang sudah dihaluskan. Serasa di coffee shop. Rata-rata ibu rumah tangga semua ya? Keren banget wahai para ibu rumah tangga. Padahal mengurus rumah, anak dan suami capek loh.


BACA JUGA : Bunga Telang Banyak Manfaat Pasti Kamu Auto Pengen 

BACA JUGA : Film Diam dan Dengarkan: Tantangan Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan


Manfaat menonton vlog ??

Menulis panjang lebar tentang vlog korea. Apa sih manfaat yang didapat setelah menonton? Opini ku, menonton vlog merupakan aktivitas baru selama masa pandemi. Mendapat inspirasi baru dan memiliki semangat bersih-bersih rumah. Semakin bersemangat untuk produktif. Ojo rebahan dan internetan tok.

Terbesit rasa ingin memiliki furniture seperti mereka. Namun, aku sadar duit belum ada. Tinggal minta aja yang terbaik. Minta sama Yang Maha Kaya. Intinya bukan membeli barang baru. Zero waste nggak gitu. Pakai yang ada, manfaatkan yang ada. Sesuai kemampuan. Kalau ada tumblr yang masih bisa dipakai, ngapain beli baru?

 

Sebenarnya masih banyak vlog korea lainnya

Sebenarnya banyak vlog korea yang zero waste (zw). Tapi belum ada sub Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia. Jadi, tidak aku cantumkan. Video-video yang aku cantumkan di atas adalah yang terlihat menerapkan gaya hidup zero waste. Terlihat dari benda-benda yang digunakan dan kegiatannya.

Negara korea memiliki management sampah yang bagus. Pemerintah-nya telah mengatur persampahan di sana. Memilah sampah organik dan anorganik. Aku pikir setiap rumah pasti ada tempat sampah terpilah. Mana plastik, kertas, dan organik. Keren banget.

Kenapa korea ya? Kapan-kapan bahas negara lain deh. Waiting list nya Negara Jepang.

Sebenarnya juga banyak vlog korea yang aesthetic, asmr, tidak memperlihatkan wajah. Namun, tidak fokus pada zw lifestyle. Misalnya tentang minimalis, study, cooking, berkebun, desain interior, dll. Akeh jubule cin. Haha.

Apakah kamu pernah menonto vlog korea ? Selain vlog di atas apakah masih ada yang belum aku cantumkan? Coba komen di bawah ya.

 

Terimakasih telah membaca.

Semoga bermanfaat ^^


Referensi : (1) 



Nih buat jajan

You Might Also Like

33 komentar

  1. Oh ada yg fokus ke zero waste juga ternyata, baru tau saya. Soalnya yg paling terkenal itu yg konsep mukbang itu, yg makan ini itu divideo.

    Kalau diliat2, emang konsep ruang rumah mereka idamanan banget, minimalis dan asri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak. setahu saya mukbang istilah dari korea.

      enak lihat rumah mereka. jadi pengen. haha. terimakasih sudah berkunjung ^^

      Hapus
  2. Saya pendukung zero waste. Meski mungkin belum bisa sepenuhnya menjalani hidup zero waste. At least, ketika membeli makanan, saya bawa wadah makanan sendiri, jadi tidak pake kertas pembungkus nasi dan plastik kresek. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren kak! semoga terus berlanjut ya. ajak teman dan keluarga juga XD

      Hapus
  3. Video sharing seperti blog khususnya dari Korea ternyata bukan sekedar entertainment
    Yg berkaitan dgn gaya hidup sehari-hari pun bisa dikemas begitu menarik
    Terlebih zero wasted saat ini tengah di gaungkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ada edukasinya juga secara tidak langsung. namun, tidak hanya gaya hidup zero waste saja. ada tentang berkebun, tips membersihkan rumah, memasak, dll

      Hapus
  4. Kalau dengar kata Korea, yg langsung terlintas di benak saya adalah para pekerja migran dan keinginan saya yang ingin bekerja sebagai TKI ke Korea tapi tidak kesampaian. Nasibnya membawakan saya ke Taiwan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo. apakah mba okti TKI di taiwan? Bagaimana keadaan di sana mba? Semoga sehat-sehat ya ^^

      Hapus
  5. Vlognya kebanyakan ibu rumah tangga ya, kak. Cocok nih buatku yang juga ibu rumah tangga. Apalagi lagi belajar soal zero waste juga. Nanti aku kepoin ah. Thanks for sharing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Seneng sekali jika tulisan ini bermanfaat ^^

      Hapus
  6. Kece banget ya bisa disiplin menerapkan zero waste gini mbak. Semoga menginspirasi para konten kreator di Indonesia juga agar lebih peduli terhadap lingkungannya.

    BalasHapus
  7. Sudut pandang lain tentang zero waste dari vlog Korea. Saya sendiri suka menonton vlog tema tertentu di channel tertentu. Seperti kalau ingin tahu tentang smartphone atau tehcno saya lebih senang nonton Vlog India karena mereka lebih detail.

    Dan tentu untuk tema zero waste ini saya akan kepoin lebih lanjut beberapa vlog di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga subscribe youtube balajar bahasa inggris. tutornya orang India. logatnya kentara sekali. hehe.

      Hapus
  8. Wah menarik. Btw, zero waste ini bisa dikatakan bagian dari hidup minimalis nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. zero waste lifestyle ada kaitannya dengan minimalis. misalnya zw lifestyle selalu membawa tumblr, yang berarti mencegah ada plastik baru. sama halnya dengan minimalis yang mengurangi benda2 tertentu. ini cuma contoh kecil saja. banyak lagi contohnya. pengertian minimalis juga tidak mutlak. kalau menurut kamu gimana kak?

      Hapus
  9. Baru tahu ini ada vlog tentang zero waste. Sekalian kampanye ya. Biar hidup gak numpuk sampah. Mantap ini kayaknya chanelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap jiwa mba. hehe. sebagai selingan juga. bosen kan kalau nonton tiktok dan sosmed lainnya. nonton konten jenis tersebut bkin relaks gitu

      Hapus
  10. baru tahu vlog-vlog mereka Mba, jadi pengen kepoin ah nanti satu-satu
    seru banget ya. Di drakor juga sering ada penerapan zero waste disempilkan.

    BalasHapus
  11. Wah, wah.. sudah merambah ke Vlog Korea juga nih. Sekilas saya lihat memang bagus-bagus ya mereka. Dan bener-bener kece banget yang menerapkan disiplin zero waste. Semoga menjadi contoh yang baik buat kita nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menerapkan zero waste dari hal-hal yang sederhana aja dulu. lalu kemudian bisa bertambah. seperti menghabiskan makanan, membawa tempat minum sendiri. ^^

      Hapus
  12. Setuju, nonton beginian makin semangat dan dapat inspirasi baru ngerapiin rumah kak. Biasanya aku nonton zero taste gini lewat igtv yang sering muncul kak dari org indo. Wah seru bisa jadii referensi nonton vlog Korea kak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba buat selingan. jenis pengambilan gambarnya juga berbeda kan. bisa juga sekalian belajar masak makanan korea. hhehe

      Hapus
  13. Wah langsung aq bookmark mba infonya. Aku jg suka channel vlog korea tapi referensi ku masih terbatas ke kimbab family aja. Haha. Mainstream Banget ya. Next aku bakal nonton rekomendasi di artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku malah belum nonton kimbab family. hehe. kalau video tentang pengasuhan, aku nonton return of superman. hehe.

      Hapus
  14. wah klo nonton vlog vlog seperti ini, kiya jadi makin semangat buat melakukan zeeo waste juga ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi tambah semangat masak juga mba. biasanya di setiap videonya ada acara masak-masak. haha

      Hapus
  15. wohooo banyak banget yaa vlog referensi tentang zero waste ini, pelan-pelan mesti coba praktikin nih biar mengurangi limbah sampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mba. pelan-pelan mulai dari hal yang sederhana, lalu bisa tambah yang lain. misalnya membawa tempat minum sendiri. ^^

      Hapus
  16. wah banyak banget ya referensinya buat zero waste mba! pelan-pelan mesti harus praktik nih buat zero waste juga, biar ikut mengurangi limbah sampah

    BalasHapus
  17. sama mba mirna, beberapa list di atas juga biasa aku tonton. aku masukin haegreendal juga, sejenis sih. Aku biasanya nonton sama anakku. dia seleranya sama, video ASMR gitu, sedikit bicara, tampilan aestetik dan kegiatannya seru kata anakku tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba. anaknya usia berapa? kalau menurutku, konsep video orang korea & jepang ini unik. mereka bercerita lewat subtitle, dan lebih banyak ASMR. suara orang lagi masak, cuci piring, dll. padahal kegiatan sehari-hari ya. tapi enak aja ditonton. hehe

      Hapus

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)

Instagram