Selamat Hari Hutan Nasional. Terimakasih Hutan

Agustus 09, 2021



Selamat hari hutan nasional yang diperingati tanggal 07 Agustus 2021.  Tema yang diusung tahun ini adalah “kita jaga hutan, hutan jaga kita”. 

Indonesia memiliki hutan yang sangat luas. Luasnya mencapai 93.9 hektar atau 43% dari total daratan. Kita semua tahu bahwa hutan sangat banyak manfaatnya. Sebagai paru-paru dunia, mencegah banjir, tempat kehidupan flora fauna, penghasil kayu hutan, dll. maka dari itu, jangan kita sepelekan keberlangsungan hutan.

Meskipun kamu tidak tinggal di hutan. Secara tidak langsung, hutan tetap bermanfaat untukmu. Contohnya peralatan rumah tangga yang terbuat dari kayu.

Selain itu, hutan juga dapat dijadikan sebagai terapi atau istilahnya ecotherapy/ forest therapy


Apa itu forest therapy ?

Jika dilansir pada artikel pijar psikologi, ternyata alam dapat menyembuhkan loh.  

Bagaimana caranya? Kok bisa?

Berdasarkan riset menyebutkan bahwa adanya keterikatan dengan alam dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kesehatan mentalnya. Dapat membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan mood  positif seperti perasaan bahagia dan nyaman, mengurangi cemas, depresi, meningkatkan harga diri,  

Hal ini juga berdampak baik dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi cenderung  lebih fokus, produktif, serta mampu merefleksikan masalah di kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

BACA JUGA : Film Pulau Plastik #tolaksekalipakai Aksi Bergerak Untuk Masa Depan


Juga memberikan dampak positif pada kesehatan fisik, membantu memaksimalkan sistem imun manusia. Alam dapat mengurangi stress dan emosi negatif seseorang. Dengan merasakan kesejukan alam, tekanan darah menjadi stabil dan stress berkurang.

 

Terapi ini sudah dipraktekkan di Jepang

Terapi ini disahkan sebagai program nasional sejak tahun 1982. Terapi dilakukan dengan berjalan santai di hutan tanpa memakai alas kaki. Selama di hutan waktu banyak dihabiskan di sekeliling pepohonan. Tidak berlari, tidak melakukan pekerjaan berat, hanya merenung dan menyatu dengan alam. Sesekali memeluk dan merasakan kulit serta aroma pohon dan dedaunan.

 

Aku kan orang kota, jauh dari hutan. Gimana dong?

Tidak perlu bersedih, teman. Ada solusinya. Meskipun kamu jauh dari hutan, tetap bisa merasakan banyak kebaikan alam yang ada di sekitar kita. 

BACA JUGA : Bunga Telang Banyak Manfaat Tapi 

  • Bersentuhan dengan alam (yang ijo-ijo). Misalnya berkebun, mengompos, dan berjalan di tanah atau langsung di rumput (barefoot). 
    barefoot foto oleh unsplash

  • Peka terhadap alam sekitar. Maksudnya memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan. misalnya bangun pagi untuk menghirup udara pagi, menatap langit biru, menikmati syahdu nya rintik hujan, aroma tanah bercampur air hujan, langit senja dan terbitnya. Sambil merenungi, begitu hebatnya Allah Yang Maha Menciptakan. 
    langit senja foto oleh unsplash

  • Media dari gawai dan internet. Ini alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan. Meskipun, secara tidak langsung, tidak bisa disentuh. Mungkin dapat kita bayangkan dalam pikiran kita. Misalnya audio aliran sungai, irama burung, foto pemandangan alam, dll. 
    pemandangan alam foto oleh unsplash 

 

Forest therapy hanyalah salah satu jenis terapi

Alam bisa sebagai media penyembuh. Hal ini bisa kita lakukan sendiri. namun, jika kamu tidak tahu cara penanganan atau memiliki kesulitan yang gawat. Lebih baik langsung datang ke professional ya.

 

Alam itu baik. Kamu percaya nggak?

Alam itu baik. Kamu percaya nggak? Dengan kita menjaga lingkungan tetap lestari. Maka, akibatnya akan kembali lagi ke kita. Begitu pun sebaliknya, jika kita “jahat” ke alam. Maka, alam akan “jahat” juga ke kita.

Jadi……. Yuk sama-sama kita menjaga alam agar tetap lestari.  Bisa dimulai dari hidup minim sampah untuk mencegah banjir, dan krisis iklim.

BACA JUGA : Ayo Bergabung Bersama We Bare Bears! Kehidupan Tote 

 


Terimakasih telah membaca.

Semoga bermanfaat ^^

 

Referensi :

https://pijarpsikologi.org/mengapa-alam-begitu-menenangkan/

https://pijarpsikologi.org/alam-juga-bisa-menyembuhkan/

https://www.antaranews.com/berita/2312306/hari-hutan-indonesia-diharapkan-jadi-momentum-kampanye-pelestarian



Nih buat jajan

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)