Nostalgia Lewat Wisata Kuliner. Cerita Mudik 2022 & Tips

Mei 11, 2022


Telah berlalu 2 tahun lamanya tidak menapaki kota Semarang. Rindu rasanya penuh di dada. Tumpah ruah saat dibasuh mudik lebaran tahun ini. Tahun 2022.

Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat. Segala puji hanya milik Allah yang dengan segala nikmatnya segala kebaikan menjadi sempurna.

Dua tahun lalu hanya berlebaran di Bekasi saja. Bertemu virtual dengan sanak saudara. Namun, tahun ini bisa berjumpa. Salam, senyum, sapa, mengobrol tanpa jaringan sinyal.

Perjalanan mudik lebaran 2022 hanya 5 hari. Sebentar saja tidak terlalu lama. Khawatir dompet dan saldo semakin menipis. Mungkin akan bersedih jika tak ada isi. Hehe.

Perjalanan mudik H+1 lebaran. Melewati tol Trans Jawa dan bertemu lah dengan keakraban ibu kota. Yakni kemacetan. Macet lagi…. ya macet lagi. Tol macet bertemu para pemudik dari Jabodetabek dan sekitarnya.

  

Wisata kuliner #mudik2022 

Saat mudik, tak lengkap rasanya tanpa beli makan di luar. Meskipun sudah bawa bekal. hehe. Tentu bekal tetap dilahap bersamaan dengan makanan warung.

Dalam perjalanan berangkat, kami bertandang ke rumah saudara di Tegal. Alhamdulillah, bisa istirahat sejenak. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Semarang.

Di Tegal hanya sempat makan soto tauco. Padahal, aku ingin datang ke Warma Pian dan Tuti Toyo. Semoga di liburan selanjunya bisa ke sana. Aamiin.

Jepretanku hanya menangkap 6 jenis makanan saja. Yuk lihat lebih dekat. Barangkali kamu tertarik mencobanya. Hihi.

Nasi pindang 

nasi pindang daging/ doc pribadi

Sate jeroan 

sate jeroan ayam/ doc pribadi

Soto kudus

 

soto kudus/ doc pribadi

Ketiga makanan di atas , berada di 1 warung makan. Namanya Rumah Makan Trisno Sari (Ibu Rondiah). Terletak di jalan Majapahit dekatnya tol dan pasar Gayamsari. Makanan yang ditawarkan adalah makanan khas kota Kudus.  Karena ibuku berasal dari kota Kudus, dan aku kangen kota tersebut. Jadi lah, kami makan di sini.

lokasinya di soto rondiah / doc pribadi

Harga seporsi nasi pindang adalah 20ribuan. Sedangkan semangkok soto ayam harganya di bawah 20ribu. Menurutku agak mahal ya. Tapi gpp, enak. Jarang-jarang kok makan di sana. Tidak setiap hari.

Link google map-nya https://goo.gl/maps/Sw8TzWkfGoDrhFuP8


Sop ayam Pak Miin Klaten



Sebenarnya ini gak istimewa sih. Di bekasi juga ada. Tapi tetap kami beli karena butuh mengisi perut.

Harga sekitar 16ribuan. Setiap bagian ayam, berbeda-beda harganya. Apakah kamu pernah beli? Mengingat warung makan ini banyak cabangnya.


Berikut lokasinya dari link google map
https://goo.gl/maps/vbb2U6tbfXBKUJHBA

Di kota Semarang, sop ayam pak miin ini ada beberapa. Kayaknya lebih dari 2. Kalau aku mampir yang di jalan soekarno hatta.

Menurutku rasanya enak-enak aja sih. Tapi aku gak terlalu doyan. Ini selera ya. Karena yang dihidangkan tanpa sayur. Hanya ayam dikasih kuah saja. Taburannya daun bawang dan bawang goreng saja. 


Mie kopyok


mie kopyok semarang/ doc pribadi


Aku membelinya di gerobakan, bapak-bapak lewat perumahan dekat penginapan. Harganya Rp 10.000 per porsi.  Apakah makanan ini terlihat mirip lontong balap? Hhe.  

Kalau mie kopyok yang paling terkenal di Semarang adalah Pak Dhuwur. Kebetulan saat itu sedang tutup.  

 

6.     Roti fancy


roti semir fancy/ doc pribadi

Roti tuh sebenarnya tidak termasuk wisata kuliner. Aku hanya membeli roti biasa saja. Kami membeli roti pisang coklat keju, roti coklat dan roti semir. Sengaja beli roti untuk bekal perjalanan balik ke Bekasi. https://g.page/fancy-bakery-majapahit?share  


Tahu petis



Dibelikan saudaraku , namanya tahu petis Bu Aning. Kami mendapat tahu petis, dimana petisnya diletakkan terpisah. Kalau mau makan, petisnya dioles dulu ke tahu. Hem…. Enak. Masyaallah. Petisnya manis. Tahunya habis. Petisnya masih ada. Lumayan bisa dibawa ke Bekasi. Hehe. 

Tahu petis Bu Aning bisa dijadikan cemilan di waktu senggang. Sebagai oleh-oleh ataupun sebagai lauk. Nyam… Jika kamu berdomisili Semarang, bisa pesan tahu atau petisnya saja. Pesan lewat Tokopedia 


Tahu aci

tahu aci tegal mutiara/ sumber google maps


Sepengetahuan ku, tahu aci itu makanan khas kota Tegal. Alhamdulillah, ada yang jual di Semarang. Senangnya. Hehe. Lokasinya di perumahan Ganesha Mukti, Pedurungan Tengah. 

Kalau gak salah harganya 1.300 per biji. Tapi katanya bisa pesan yang mentah, yang belum digoreng. Silahkan kalau mau mampir Tahu Aci Tegal Mutiara


Soto tauco

soto tauco tegal/ sumber kompasiana

Soto ini kami makan saat berada di Tegal. Perjalanan Tegal ke Semarang. Tauco itu khas banget. Terbuat dari fermentasi kacang kedelai.  Kalau dicampur dengan soto,  warnanya berubah menjadi coklat keruh. Rasanya enak, jadi gurih dan sedikit asam.   


Tips wisata kuliner yang minim sampah

Tak ketinggalan tentang pembahasan minim sampah. Selain melakukan healing, juga tetap peduli lingkungan dong. Hehe.

Jujur sih, selama mudik, aku menurunkan ekspetasi dalam zero waste. Yang biasanya pilah sampah, mengompos, setor sampah, menolak kantong plastik, dll. Nyatanya, hal itu sulit dilakukan.  Sehingga aku hanya melakukan semampunya saja. Hal ini terasa sulit karena anggota keluarga belum sepenuhnya bisa menjalankan gaya hidup ini.

Bawa bekal tetep. Tapi jajan juga jalan. Menolak sedotan plastik, karena aku jarang minum es. Meskipun demikian, aku tetap semangat. Tetap optimis. Insyaallah ada jalan. (seperti lirik lagu Maher Zain ya? hihi). Berikut tips minim sampah saat wisata kuliner. Silahkan dibaca sampai selesai ya.

 

SATU. Bawa tempat makan dan tempat minum sendiri. Jika makanannya ingin dibungkus bawa pulang. Juga bawa tas sendiri. Tolak kantong plastik. Plastik biasa maupun plastik singkong.

DUA. Tolak plastik sekali pakai. Kantong kresek, plastik makanan, sedotan juga. Usahakan tanya  dulu ke pelayannya. Menggunakan alat makan sekali pakai atau tidak. Lakukan semampunya ya.

TIGA. Bawa sapu tangan sendiri. Tolak tisu yang sekali pakai. Lebih baik pakai sapu tangan yang dapat digunakan berulang kali.

KEEMPAT. Kalau memang tidak bisa menolak. Maka, pilah sampahnya. Ya kalau tempat makannya menyediakan pilah sampah. Kalau enggak , bawa sampahnya. Pilah di rumah, lalu setorkan/ upcycle.

KELIMA. Mau bertambah pahala? Kamu bisa membantu pelayan. Dengan cara menumpuk piring, sendok, mangkok, gelas. Ditumpuk saja tidak perlu dicuci. Apalagi dibawa pulang. Hehehe.  

Silahkan lakukan tips-tips di atas sesuai dengan kemampuanmu ya. Karena yang menulis, belum sepenuhnya konsisten. Sesungguhnya aku masih belajar. Yuk sama-sama belajar ya ^^

Dari tips di atas, apakah ada yang kurang? Bagaimana menurutmu?  Komen di bawah ya.

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan share sebanyak-banyaknya.  Mohon sertakan sumbernya/ credit nya.

Terimakasih ^^

 

Referensi :

https://bagi.to/zJDTUs

https://bit.ly/39eAm88

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)