Hari Raya Idul Adha Dan Kisah Nabi Ibrahim

Juli 15, 2022

Kalau membahas idul adha, pasti teringat kisahnya Nabi Ibrahim. Dan mungkin kamu sudah sering dengar tentang kisah ini. Biasanya juga disampaikan saat khutbah solat idul adha.

Secara ringkas, perkenankan aku menyampaikannya. Semoga bermanfaat ^^



“Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia” (QS. Al-Mumtahanah ayat 4)

Ada 4 pelajaran yang bisa dipetik dari kisah Nabi Ibrahim dan keluarganya. 

Berbaik sangka kepada Allah ta’ala

Nabi Ibrahim meninggalkan Hajar, istrinya dan bayinya di daerah Jazirah Arab. Di mana saat itu daerah yang tandus.

Kita belajar dari Hajar. Seorang wanita yang baru mempunyai anak bayi, kemudian ditinggalkan suaminya di padang pasir yang gersang. Tetapi dia yakin jika ini adalah perintah Allah, maka Allah tidak akan menterlantarkannya. Allah pasti akan membantunya.

Bersemangat dalam mencari rezeki yang halal

Kesungguhan Hajar dalam mencari air. Ia kerahkan segala tenaganya bolak balik dari Shafa dan Marwa. Dia terus berusaha. Walaupun akhirnya air itu ternyata ada di dekat anaknya sendiri.

Ini memberikan pelajaran kepada kita untuk bersungguh-sungguh dalam menjemput rezeki, dengan mengerahkan segenap kemampuan yang kita miliki. Karena sejatinya kita diperintahkan bukan cuma melihat hasil, tapi juga maksimal usaha dan tenaga.

Berkorban untuk Allah Ta’ala

Pengorbanan Nabi Ismail beserta ayahnya Nabi Ibrahim. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan cinta Allah dan kasih sayang-Nya. Walaupun dengan mengorbankan anak tersayang.

Akan tetapi, secara umum, makna korban meliputi aspek yang lebih luas. Misalnya Nabi Muhammad  shallallahu’alaihiwasallam dan para sahabat yang berjuang menegakkan Islam di muka bumi ini memerlukan pengorbanan.

Urgensi mendidik keluarga

Keberhasilan Nabi Ibrahim  ‘alaihissalam di dalam mendidik anaknya, bukanlah pekerjaan ringan.

Merupakan pekerjaan berat yang membutuhkan waktu panjang. Nabi Ibrahim terus menerus memberikan contoh ketaatan kepada Rabbnya dalam segala hal.

 

Selamat Hari Raya Idul Adha. Taqabbalallahu minna wa minkum ^^

Ayo makan daging XD

 

Setelah artikel ini, ada tips cara menyimpan dan mengempukkan daging. Mohon ditunggu ya ^^

 

Referensi :

- tafsirweb

- tunasilmu.com

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)