Masyaallah, Menakjubkan. Ini Loh Manfaat Kurma Dan Bijinya

Februari 25, 2023

Buah kurma atau dates fruit/ dates palm, nampaknya identik dengan bulan suci Ramadhan. Saat mendekati bulan Ramadhan, banyak beredar kurma yang diperjualbelikan ataupun disedekahkan.

Menurut Wikipedia, buah kurma berasal dari Teluk Persia, yang letaknya di antara Jazirah Arab dan Iran. Kurma sering dijadikan makanan pokok di daerah Timur Tengah. Seperti di Jazirah Arab. *iye lah disana kan banyak pohon kurma. xixixi


Terpaling istimewa adalah

Kurma memiliki banyak jenis. Sepengetahuanku, jenis kurma yaitu kurma ajwa, kurma ruthab, kurma Tunisia, kurma medjool, sukari. Dari sekian jenis kurma, yang menurutku khasiatnya paling masyaallah banget adalah kurma ajwa.



Dalam hadits dinyatakan bahwa, “Siapa yang setiap hari sarapan kurma ajwah 7 butir, maka di racun maupun sihir tidak akan memberikan pengaruh baginya di hari itu.” (HR. Bukhari 5130 & Muslim 5460)

Kurma ajwa bisa dibilang paling mahal di kelasnya. Kalau kurma ajwa asli harganya bisa 200ribuan. Yang enak, tidak terlalu manis, warnanya hitam pekat, dan gampang dikelotok. Kualitasnya tentu terbaik.

Sekedar saran, berhati-hati jika membeli kurma yang harganya terlalu murah. Khawatir produk lama dan ada kutunya. hiii.... maka dari itu, teliti sebelum membeli.

Kalau aku biasa membeli kurma di teman kerja, namanya Pak Teguh. Alhamdulillah kurmanya bagus-bagus. Memuaskan. Rasanya tidak mengecewakan. Enak dan legit. Berikut nomor Whats App nya : +6281291727170


Cara mendapatkan kurma yang bagus

Berikut cara agar mendapatkan kurma yang bagus. Tips di bawah ini hasil sharing dengan Pak Teguh, penjual kurma.

  1. Cek masa kadaluarsa kurma. Sebelum membeli tanya-tanya dulu ke penjual. 

  2. Pilih yang stok baru. Misalnya, jika menjual kurma untuk bulan Ramadhan. Stoknya baru ada di bulan Rajab.
  3. Hindari stok lama. Misalnya sampai berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.
  4. Kalau kurma terdapat kutu. Langsung hindari ya. Jangan dibeli. Itu pasti persediaan lama.
  5. Beli di tempat yang terpecaya. Seperti aku yang beli di teman. Kemungkinan kurma yang stok lama bisa dijumpai di pasar. Meskipun tidak semua. 

  6. Langsung petik kurma dari pohonnya. Kalau sedang umroh, wajib beli sih. Haha. Biasanya masih segar, insyaallah bagus.

  

Manfaat kurma itu banyak, karena mengandung

Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat. Kurma juga mengandung beberapa sumber nutrisi lainnya, seperti: serat, protein, kalium, magnesium, tembaga, mangan, zat besi, dan vitamin B6 harian. Tak hanya itu. Kurma juga kaya akan asupan kalsium, vitamin K, folat, serta antioksidan

Dalam pola makan food combining, cara berbuka puasa yang baik untuk pencernaan adalah air putih, buah-buahan dan kurma. Karena kurma mengandung gula yang baik. Maka dari itu, mengikuti sunnah rasul pasti berguna. Insyaallah.  

BACA JUGA : Mau tetap segar dan bugar saat berpuasa? Coba deh metode makan ini


Makan kurma dapat menjaga kesehatan pencernaan

Berikut sedikit rangkuman dari laman hellosehat. Kurma merupakan sumber serat makanan yang baik. Dapat membantu memadatkan feses dan melancarkan pencernaan.



Kurma mengandung serat, dan jika dibarengi makanan serat lainnya sekitar 25-30 gram/ hari. Maka dapat menghindari masalah diare dan sembelit. Selain itu membantu membersihkan usus sehingga berpotensi menurunkan risiko terkena kanker usus.

Manfaat lainnya, buah kurma dapat menjadi pilihan alami dalam memelihara mukosa lambung saat menjalankan ibadah puasa. Kurma memiliki sifat antiradang dan protektif, sehingga menjaga lambung tetap sehat selama Ramadan.

Catatan penting bagi yang memiliki penyakit diabetes, kencing manis, penyakit gula, obesitas. Sebenarnya kurma memiliki kandungan gula yang baik (sukrosa dan fruktosa). Meskipun  demikian, tidak mutlak aman dikonsumsi semua orang dan dalam jumlah banyak. Silahkan berkonsultasi ke dokter ya.


Enak buahnya, bermanfaat bijinya

Meskipun bukan bulan Ramadhan. Alhamdulillah, aku dan keluarga suka makan kurma. Selalu sedia kurma di rumah.

Tak hanya dimakan langsung. Kurma bisa dijadikan sebagai pemanis jus. Dibuat susu kurma, sari kurma, sambal kurma, air nabezz, dan infuse water. 



Kurma sebagai hidangan utama saat berbuka puasa. Hal ini sesuai sunnah RasulPilihan pertama untuk berbuka puasa adalah ruthab (kurma segar). Jika tidak ada maka dengan beberapa butir tamr (kurma kering), jika tidak ada maka dengan beberapa teguk air putih.

Berdasarkan hadits dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma segar) sebelum shalat. Jika beliau tidak punya ruthab, maka dengan tamr (kurma kering), jika beliau tidak punya tamr, maka dengan beberapa teguk air” (HR. Abu Daud no.2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).


Buat apa ngumpulin biji kurma?

Setelah makan kurma, biji kurma dikumpulkan dan dicuci. Jangan langsung dibuang ya, gaes. Biji kurma bisa disimpan dalam wadah tertutup. Supaya gak disemutin. Hehe.



Buat apa ngumpulin biji kurma? Apa keuntungannya? Ternyata banyak kegunaannya loh, diantaranya yaitu :

1. Mengempukkan daging
2. Bisa dikompos, jadi pupuk organik
3. Kopi dari biji kurma. Kopi dari biji kurma memiliki banyak manfaat. Seperti menurunkan kolesterol jahat dan gula darah.

4. Sebagai bakal tumbuhan pohon kurma

5. Mengandung antioksidan dari minyak biji kurma

 

Biji kurma untuk Kesehatan

Menurut laman Merdeka, manfaat biji kurma yaitu dapat mengobati masalah gula darah, mencegah kerusakan DNA, menjaga kesehatan ginjal dan hati, agen antivirus, tinggi antioksidan, dan mencegah uban.


Biji kurma sendiri mengandung karbohidrat, serat, dan protein. Bahkan, jika biji kurma ingin diambil minyaknya. Kandungan minyak biji kurma adalah antioksidan yang mirip dengan minyak zaitun dan baik untuk dikonsumsi.

Cara mengolah biji kurma cukup mudah. Biji kurma dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian sangrai hingga berwarna hitam. Lalu tumbuk biji kurma sampai halus. Barulah dikonsumsi dengan cara diseduh layaknya menikmati kopi. Kopi biji kurma tanpa kafein.

 

Mengempukkan daging dengan biji kurma?

Kami sudah mencoba mengempukkan daging dengan biji kurma. Alhamdulillah, terbukti dagingnya empuk loh. Khususnya untuk daging sapi.

Berikut caranya:

ONE. Siapkan biji kurma yang sudah dibersihkan. Biji kurma sudah bersih dari serat-serat kurmanya.

TWO. Lalu, masukkan 7 biji kurma bersama daging. Tambahkan air dan nyalakan kompornya ya. Jangan lupa. hehe.

BACA JUGA : Cara menyimpan daging yang ramah lingkungan

THREE. Rebus daging dengan metode 20-10 menit.

FOUR. Pertama, 20 menit merebus dengan tutup panci terbuka.

FIVE. Kemudian matikan kompor, diamkan daging selama 7-10 menit dengan tutup panci tertutup.

SIX. Lakukan berututan metode rebus tersebut, sebanyak 2x. Kalau belum empuk, ulangi lagi cara di atas.

SEVEN. Kalau masih belum empuk juga. Bisa menggunakan cara lainnya. Misalnya dengan cara dipresto.

 

PENUTUP

Masyaallah tabarakallah. Banyak sekali manfaat dari 1 biji kurma. Mulai dari buahnya, bijinya sampai minyak biji kurma. Maha Kuasa dan Dia sebaik-baik pencipta.

Makan kurma sangat baik untuk kesehatan. Dengan syarat tidak berlebihan, sesuai batasan.

Sesungguhnya, tidak akan merugi bagi yang bersedekah kurma. Apalagi diniatkan untuk ibadah, untuk makanan berbuka puasa. Tak hanya puasa Ramadhan saja. Juga puasa sunnah di bulan lainnya.

Rindu bulan Ramadhan. Kamu rindu juga kan?

Semoga kita dipertemukan bulan Ramadhan ya. Aamiin.


Terimakasih telah membaca.

Kalau artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan.


Referensi :
detikdotcom
@cleanomic
mamah tercinta

https://konsultasisyariah.com/30882-hoax-khasiat-kurma-ajwah.html

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kurma-untuk-kesehatan/

https://muslim.or.id/56520-sunnah-sunnah-ketika-berbuka-puasa.html#b_Berbuka_puasa_dengan_beberapa_butir_ruthab_kurma_segar

https://www.merdeka.com/trending/10-manfaat-biji-kurma-untuk-kesehatan-herbal-mujarab-untuk-antivirus-kln.html

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)