Buat Kopi Dan Teh Pakai French Press? Mari Kita Coba

Juli 04, 2021



Semenjak pandemi Virus Corona, mengharuskan di rumah aja.  Bosan dengan kegiatan yang itu-itu aja. Terpikir ingin melakukan kegiatan lainnya. Ngeteh dengan gaya pecinta kopi. FYI (for your information) aku memilih teh karena nggak kuat minum kopi. Biasa masalah lambung. Adik si pecinta kopi punya alat keren ini. jarang dipakai juga. Daripada nganggur, lebih baik digunakan toh? Hehe.   

Kamu suka menyeduh kopi dan teh? Sudah tahu alat ini belum ?

French press adalah perangkat menyeduh kopi dipatenkan oleh desainer Italia Attilio Calimani pada tahun 1929. Benda ini biasa disebut sebagai cafetière, сafetière à piston, press pot, coffee press, atau coffee plunger. (1) 

Beberapa memiliki bahan yang berbeda yaitu kaca, stainless atau  plastik tahan. Belum pernah lihat yang jenis silikon. Kayaknya nggak ada deh. Umumnya berbentuk tabung silinder, di dalamnya telah terpasang nilon mesh filter da nada tutupnya. Juga ada semacam pengaduknya, untuk menahan teh/kopi. 


BACA JUGA : Berenang di masa pandemi. Berani nggak? 

Kegunaan french press

French press biasa digunakan untuk menyeduh kopi. Namun, sebenarnya alat ini punya fungsi lain. Apa saja fungsi dari alat ini? cekidot :

  1. Menyeduh kopi bubuk. Tentu saja yang sudah digiling ya. Kabarnya jika menggunakan French press, tidak perlu filter yang dari kertas. Cukup alat ini saja.

  2. Menyeduh daun teh tubruk. Menurutku, menikmati teh tubruk lebih nikmat. Tanpa kantongnya. Dan bahagianya lebih ramah lingkungan.

  3. Menyeduh tisane. Bedanya dengan daun teh tubruk adalah, tisane merupakan edible flower yang bisa dimakan. Contohnya yaitu chamomile, lavender, rose bud, telang, dll. 

  4. Untuk membuat foam (busa) susu. Buat artisan coffee bisa dari rumah nih. Mantap. Itu loh yang ada gambar angsa, love, di cangkir kopi. Tapi bagi yang bisa. Aku mah nggak bisa.

     
  5. Menyeduh wedang uwuh atau empon-empon. Minuman asli Yogyakarta ini isinya berupa rempah-rempahan seperti serutan kayu secang, jahe, cengkeh, dll.
  6. Membuat kopi dan teh metode cold brew. Cara membuatnya diseduh dengan air suhu ruang/air es. Lalu diamkan 8-12 jam. Lama waktu mendiamkan tidak mutlak ya. Bisa jadi antara kopi yang didiamkan terlalu lama dengan yang sebentar, beda rasanya. Silahkan  bereksperimen sendiri atau googling. 

BACA  JUGA : Vlog Korea Aesthetic, yang menerapkan zero waste 

BACA JUGA : Berikut 30 Ide untuk mengikuti Plastic Free July  


Cara menggunakan

Masukkan bahan minuman (kopi, teh, tisane, wedang uwuh) terlebih dahulu. Lalu tuang air panas. Untuk kopi dan teh bisa diseduh dengan air suhu ruang/air es.

Untuk membuat foam dari susu, caranya yaitu tuang susu. Lalu aduk dengan alat pengaduknya. Lakukan buka tutup beberapa kali, sampai muncul busa. Kira-kira 3 menit sudah muncul busanya. Susu yang digunakan layaknya yang dipakai kedai kopi. Biasanya susu kemasan UHT.

 

Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan yang dimiliki french press yaitu :

  • Alat serbaguna
  • Mudah digunakan
  • Tidak memerlukan alat tambahan seperti filter kopi atau kantong teh
  • Harga terjangkau. Cek tokopedia harga paling murah 30ribuan.  
  • Tidak membutuhkan aliran listrik
  • Menyeduh teh tanpa kantong! ramah lingkungan
  • Praktis 

 

Kekurangan

  • Jika sering digunakan filter di dalamnya menjadi kuning
  • Membuat ketagihan menyeduh/membuat minuman. Karena akan lebih baik, juga diimbangi dengan minum air mineral.

 

Harga dan cara belinya

French press tersedia di toko online ataupun offline.  Harganya bervariasi. Di Tokopedia tersedia harga paling murah Rp 30.000. Bentuknya seperti yang adik ku punya. Haha. Tim hemat.



Tips

Untuk teh dan kopi jangan direndam terlalu lama. Bahkan sampai berhari-hari  belum dicuci. Dampaknya membuat filter kuning. Bagaimana cara membersihkannya? Semoga akan segera di-update ya. 


BACA JUGA : (Edisi COVID-19) Terimakasih para pendidik di rumah 

 

Masyaallah keren sekali alat ini. Terimakasih wahai Eyang Italia Attilio Calimani, telah menciptakan alat serbaguna ini. Sebenarnya paling senang karena hemat dan ramah lingkungan. haha.  Bagaimana? Apakah tertarik mencoba alat ini? Tentu saja ini bukan iklan. Dan selamat mencoba!

 

Terimakasih telah membaca.

Semoga bermanfaat ^^

 

Referensi :



Nih buat jajan

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)