Kamu Berhak Bahagia. Tapi Tolong Bersabarlah, Sebentar Lagi Reda

Juli 15, 2021

Foto himbauan selama masa pandemi. Sumber: unsplash/sarahkilian


 Innalillahi wa innailaihi raji’un.

Barangkali, itu lah kalimat yang sering aku dan keluarga ucapkan. Hampir setiap hari mendapat kabar buruk.  Entah kabar tentang orang meninggal, ambulans lewat atau kerabat terkena COVID-19. Inilah faktanya. Maaf jika narasi kali ini menimbulkan kesedihan untukmu.

Tapi.

Tolong baca sampai selesai. Aku punya kabar gembira. Karena meskipun kita dalam masa pandemi COVID-19, kamu berhak bahagia. Kita semua berhak bahagia! Berita bagus bukan?

 

Fakta di lapangan : Corona varian delta

Sejak virus Corona ini bertransformasi ke varian delta. Nampaknya, bangsa Indonesia masih sesak berhadapan pada putaran pandemi  ini. Kabarnya varian ganas ini adalah ulah dari warga India yang datang ke Indonesia. Berdasarkan, portal berita Kompas, menyatakan bahwa virus Corona varian delta awalnya ditemukan di India. (1) 

Maka dari itu, guna mencegah semakin melonjaknya kasus COVID-19,  pemerintah memberlakukan PPKM darurat dari tanggal 3 Juli sampai 20 Juli 2021. Kembali lagi seperti tahun lalu, tahun 2020. Ibadah, sekolah, bekerja dari rumah. #dirumahaja. (2)  

BACA JUGA : Kerja, Sekolah & Ibadah Di Rumah. Harus Senang atau Sedih? 


Serentak seluruh warga Indonesia mengheningkan cipta

Hari Sabtu kemarin (10/07), Menag mengajak masyarakat Indonesia untuk mengheningkan cipta serentak. Seluruh nusantara, di semua wilayah. Mengheningkan cipta juga menjadi bentuk penghormatan kepada mereka yang telah wafat. (3)


RS kepenuhan, TPU khusus pasien jenazah COVID-19 semakin banyak. Kesulitan ekonomi karena dibatasi aktivitas di luar rumah. Tabung oksigen yang terbatas (atau langka?). Dan masalah-masalah lainnya. *Aku yang nulis, aku yang sedih. Hiks. T.T 

 

Untuk netizen Indonesia, khususnya umat muslim. Aku mohon bersabarlah. Bertahanlah.

Barangkali, mungkin ini adalah ujian bagi kita.

Aku mohon bersabarlah. jika sekarang kamu mengalami sakit, atau ditinggal orang tersayang, atau mengalami kesulitan ekonomi, dan masalah-masalah lainnya. Aku mohon bertahanlah.

Sabar yang bermakna menerima sesuatu yang tidak disukai dan menahan diri agar tidak mengeluh kepada selain Allah. Ketahuilah wahai,  saudara muslimku, bahwa sabar itu hukumnya wajib. Lebih dari sabar adalah sikap ridha, dan ridha lebih disukai daripada sabar. (4) 

 
Beruntunglah orang yang sabar, karena ini

Jika setiap muslim wajib bersabar, maka sabar itu harus lah digenggam erat. Diresapi dan dimaknai semua masalah, ujian dan cobaan dari Nya. Bukannya sok menggurui. Aku harap dari tulisan ini, dapat membuatmu semakin tegar. 

Btw, apa sih keuntungan menjadi orang yang sabar?

SATU . Sesungguhnya sabar adalah salah satu tanda kebahagian.

Islam memberikan patokan yang sangat sederhana untuk bisa bahagia. Salah satunya adalah jika diuji dengan ditimpa musibah ia bersabar (5)  Patokannya bukan harta, tahta, jabatan, rupawan dan popular. Sejatinya, iman & hidayahNya yang dapat memberikan kita kesabaran.

DUA.  Sabar yaitu menghadapi cobaan/musibah dengan tetap berjuang. Hadapi dengan tegar dengan pribadi yang tangguh.  Jika semuanya dapat kamu lewati, maka kamu akan menjadi yang berani,dan kuat.

TIGA. Sabar dalam menerima masalah, bahwa ini lah takdir yang telah Allah berikan kepada kita. Kita dianjurkan untuk sabar dan solat. Dalam sabar tersebut  terdapat optimis, harapan dan keyakinan positif kepada Allah. Hal ini lah yang dapat meningkatkan well-being (kesejahteraan psikologis) pada diri kita.

Bahagia dengan sabar. Yaitu bersabar. Mau menerima jika harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Mau menerima, ikhlas, dan ridho kepada takdir Allah


Jadi, bukan PPKM, melainkan PPKB

Melainkan PPKB (Pelan-Pelan Kita Bahagia). Insyallah. Semoga kita semua bisa melewatinya ya. Mari saling mendoakan, menguatkan dan tentunya selalu menerapkan prokes. Cuci tangan, pakai masker, hindari berkerumun, jaga jarak dan usahakan lebih banyak di rumah saja.

Bukannya sok menggurui. Aku harap dari tulisan ini, dapat membuatmu semakin tegar.  Semoga tulisan ini bermanfaat untukmu dan untuk ku pribadi.


BACA JUGA : Pembalut mana yang kamu pilih? Tampon, Menscup, Menspad

BACA JUGA : Gorengan Itu Enak? Valid No Debat? 

Terimakasih telah membaca.

Salam sehat!



Nih buat jajan

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)