Ramadhan Mubarak! Inilah Alasan Pentingnya Ceklist Amalan Harian

April 03, 2022


Marhaban Ya Ramadhan. 

Ramadhan mubarak! BUKAN Ramadhan Karim ya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, BULAN MUBARAK (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad, shahih)  (1)

Ramadhan adalah bulan teristimewa diantara bulan yang lain. Paling istimewa karena banyak keutamaanya. Semua umat muslim sangat menanti-nanti dan mendambakan dapat bertemu dengan bulan Ramadhan. Termasuk aku. Hehe.

Alhamdulillah banget ya bisa ketemu bulan Ramadhan lagi. Siapa sih yang gak seneng? Kata Allah pendaftaran ke surga dibuka selebar-lebarnya. Setiap baca Quran dilipatgandakan sampai 10x. Sama halnya dengan ibadah lain. Banyak sekali keutamaan bulan Ramadhan.

Dari laman muslim.or.id menyebutkan bahwa terdapat 6 keutamaan yaitu : 

1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an

2. Setan-setan dibelenggu

3. Pintu neraka ditutup

4. Pintu surga dibuka

5. Malam penuh keberkahan & kemuliaan

6. Waktu terkabulnya doa

BACA JUGA : Selamat Berlebar(an) dan Bergurau Dengan Sanak Keluarga 

BACA JUGA : Buka Puasa Minim Sampah. Insyaallah Bisa


 

Gimana puasamu? Lancar kah? Semoga lancar ya. Aamiin. Jangan lupa besok sahur ya. Puasa lagi. Hehe.

Diantara senangnya, euforia-nya bertemu bulan Ramadhan, salah satu temanku  update status “Gak terasa ya, puasa tinggal 29 hari lagi”.

Dalam hatiku saat baca status itu, sedih euy. Menunggunya lama, eh pas udah ketemu cuma sebentar aja. Hiks. Sedihnya tuh disini... T.T

Karena bulan Ramadhan ini istimewa banget. Dimana kita bisa memanen pahala. Gak mau dong disia-siakan begitu saja. Biar gak sia-sia, salah satu usahaku untuk mengistimewakannya adalah dengan membuat ceklist amalan harian. Padahal kalau selain bulan Ramadhan gak pernah ngisi. Males dan sibuk karena pekerjaan. Hoho. *mengeles

Menurut mu penting gak sih ngisi ceklist amalan harian? Buat apa sih tujuannya? Manfaatnya apa?

 

Kalau dari sudut pandang agama

Kalau dari sudut pandang ilmu agama islam Membuat dan mengisi ceklist amalan harian, hukumnya adalah mubah.

Apa itu mubah? Mubah adalah suatu perkara yang tidak bernilai pahala dan dosa ketika kita mengerjakan atau meninggalkannya. (2) 

Mubah termasuk salah satu tingkatan hukum-hukum syariat yang lima: wajib, haram, makruh, mubah, dan sunnah. (3) 

Meskipun tidak mendapat pahala jika dikerjakan, mubah bisa menjadi ibadah. Tidak ada dalil Al-Quran dan hadits yang menganjurkan. Apabila dikerjakan dengan niat untuk ibadah, insyaallah menjadi pahala.

 

Mubah Agar Menjadi Ibadah

Pada dasarnya, membuat ceklist amalan harian merupakan hal duniawi. Tujuan dari mengisinya agar lebih semangat dan produktif. Maka, ini tidak termasuk perkara sunnah ataupun wajib.

Namun, apabila diniatkan ibadah, maka memiliki nilai pahala. Jika mengisi ceklist amalan harian bisa  meningkatkan taqwa padaNya, maka hal tersebut bisa bernilai pahala.

Maka, saat mengisi dan membuatnya niatkan untuk mengharap pahala dari Allah. Inilah di antara ciri orang yang selalu ingat kepada Allah Ta’ala, selalu ingat tujuan penciptaannya, yaitu untuk beribadah kepada Allah Ta’ala.  https://muslim.or.id/54367-kapan-perkara-mubah-bisa-berubah-menjadi-maksiat-atau-ketaatan.html

Wallahua’lam bis showab

 

Dari sudut pandang psikologi

Kalau dari sudut pandang ilmu psikologi. Ceklist bisa sebagai sarana untuk melihat potensi diri kita, instropeksi/muhasabah diri, dan juga mengenal diri sendiri. Serta dapat mengetahui apakah target yang dibuat dapat tercapai.  Terus kalau misalnya sudah tercapai, kita bisa memberikan reward (hadiah).

Dalam hal ini maksudnya untuk menghargai usaha diri, sebagai ungkapan terima kasih bahwa kamu berhasil menyelesaikan target. Karena kamu begitu berharga. *tagline iklan apa ya? hihi. Reward-nya terserah. Apa aja. Bisa hal yang kamu sukai contohnya beli makanan, skin care, baju, membaca buku, menonton film, dll.

Perhatikan juga agar self reward tersebut tidak menjadi toxic ya. Sebelum membeli lirik kemampuan kantongmu. Jangan sampai ngutang ya. hehe.  

 

Kesimpulan

Apakah mengisi ceklist amalan harian penting? Penting banget dong.

Menurutku. Salah satunya sebagai sarana kita menghitung amalan ibadah. Sebelum Allah yang hitung amalan kita. Kita hitung dulu sendiri. Ada kok keuntungannya. Agar kita bisa memperbaiki diri jika misalnya ada ibadah yang kurang. Ibadah yang kurang tersebut bisa kita perbaiki lagi di hari lain.

Besok harus lebih baik dari hari kemarin.

Ramadhan tahun ini harus lebih baik daripada tahun kemarin. Setuju?

Kalau menurutmu gimana? Mau buat juga?

Silahkan download dan print link di bawah ini. Aku buatkan untukmu loh. Hehe. Semoga suka ya.

 “Yuk semangat kejar target kebaikan di Ramadhan ini karena belum tentu tahun depan ketemu lagi”.

Selamat menjalankan ibadah puasa 1443 H. Semoga lancar. Aamiin.

BACA JUGA : Agar Zero Waste Bernilai Ibadah 


Terimakasih telah membaca.

Semoga bermanfaaat ^^

 

DOWNLOAD CEKLIST AMALAN HARIAN BULAN RAMADHAN 

klik di sini




Referensi :

https://konsultasisyariah.com/36112-apakah-berbekam-termasuk-sunah.html

httpsc://konsultasisyariah.com/25806-suudzan-mubah-suudzan-wajib.html

https://muslim.or.id/54367-kapan-perkara-mubah-bisa-berubah-menjadi-maksiat-atau-ketaatan.html

https://muslim.or.id/19111-makna-as-sunnah.html

https://muslim.or.id/4007-keutamaan-bulan-ramadhan.html 

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)