DIY Coffee Body Scrub Without EO

Juni 14, 2020

sumber: doc pribadi


Semenjak ada aturan #dirumahaja untuk mencegah penularan COVID-19. Berbagai hal baru dikerjakan. Cari inspirasi baru biar nggak bosen di rumah. Salah satunya adalah membuat body sbrub sendiri di rumah. Cantik itu tidak hanya dari wajah saja ya. badan pun juga perlu dirawat. Ribet ya cewek? Haha. Emang bener banget. Tapi istimewa.

 

Kenapa nggak beli aja body scrub-nya?

Selain alasan untuk mencari kegiatan. Alasan paling utamanya adalah nggak mau mubadzir & bentuk kepedulian kepada bumi. Ampas kopi jangan dibuang, gaes. Masih bisa digunakan lagi yaitu bisa menjadi bahan utama body scrub dan penyubur tanaman. Kebanyakan body scrub yang dijual di pasaran menggunakan mikroplastik. Plastik berukuran sangat kecil. Tidak kasat mata. Biasanya ada di produk-produk kecantikan yaitu pasta gigi, body scrub, pembersih wajah, dll. Ketika Anda menggunakan pasta gigi. Lalu pasta giginya itu akan terbawa ke saluran air. Ujungnya akan berakhir di laut. Pasta gigi yang mengandung mikroplastik tersebut akan dikonsumsi oleh binatang laut. Bahkan bisa bercampur dengan air laut, yang nantinya garam – yang berasal dari air laut – tersebut akan dikonsumsi oleh manusia. Sudah terbayang kan?

 

Saya dapat resep ini dari Utama Spice & instagram live Femina. Bahan utamanya kopi & VCO (Virgin Coconut Oil). Kenapa menggunakan kopi & VCO?  Kopi & VCO banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita. Keduanya bisa dikonsumsi langsung (food grade) sehingga aman untuk tubuh manusia. Jika dikonsumsi langsung, saja banyak manfaatnya. Apalagi untuk tubuh sebagai perawatan badan.

Manfaat kopi untuk badan (pemakaian luar) yaitu mengurangi selulit, mengencangkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan VCO mengandung vitamin E, sehingga bisa menyembuhkan bekas luka, melembabkan kulit, dan menyamarkan noda bekas jerawat. Manfaat cocoa powder: kaya antioksidan, bagus untuk aliran darah pada tubuh, membantu mengurangi bekas luka, mengatasi stretch mark, dan mengatasi bekas jerawat. Gunakan yang pure cocoa powder ya. Manfaat kayu manis untuk mencerahkan kulit, dan bisa mengatasi jerawat

 

Bahan yang diperlukan :

  • 67 gram kopi bubuk/ampas kopi (dalam keadaan kering) :
  • 1 cup gula pasir / garam (optional)
  • 118 ml/ sesuai kebutuhan VCO/ olive oil/ sunflower oil
  • 1 sdm bubuk kayu manis
  • 2 sdm cacao powder

 

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah pemyimpanan body scrub. Bisa bahan kaca/plastik.
  2. Gula/garam sebagai bahan abrasive. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, bisa pakai kopi saja. Namun, jika menggunakan gula/garam bersamaan dengan kopi. Maka takarannya gula/garam lebih banyak daripada kopi.
  3. Campur semua bahan kecuali VCO. Aduk rata
  4. Kalau sudah rata, campurkan dengan VCO. Sedikit-sedikit dulu ya. kalau saya tidak ingin nantinya body scrub menjadi lengket saat digunakan. maka dari itu langsung saya aplikasikan ke tangan. Saya mengusahakan agar body scrub tidak terlalu banyak tercampur VCO.
  5. Dan sudah jadi. Siap digunakan.

 

Cara penyimpanannya bisa simpan di tempat sejuk/di kulkas ataupun di kamar. Usahakan body scrub tidak terendam air. Khawatir bisa berjamur. Homemade body scrub tidak bertahan lama ya. kira-kira bisa bertahan 1-2 bulan. Lebih baik digunakan saat pagi hari ya. Jenis kopi yang digunakan adalah asli kopi. Bukan kopi instan yang telah bercampur gula & bahan-bahan lainnya.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua orang cocok menggunakan coffee scrub ini. Meskipun natural ya. Biasanya yang tidak cocok ada reaksi gatal/ panas.

Selamat mencoba.

 

Referensi :

You Might Also Like

0 komentar

Mari berteman ^^