Tak Masalah Menjadi Introvert Dan Juga Pendiam

Februari 27, 2022


sumber: unsplash

Hari ini Siti merasa sangat sebal. Teman-teman kelompok belajarnya merendahkannya.  Perihal sifatnya yang jarang berbicara, dan lebih suka menyendiri.

Sebenarnya Siti paling malas kalau ada tugas kelompok. Apalagi jika anggotanya dipilih oleh gurunya. Katanya sih agar adil, merata. Namun, faktanya Siti sama sekali tidak akrab dengan anggota kelompoknya. Siti merasa tidak adil.

Tidak ada yang se-frekuensi dari 4 orang. Mereka yaitu Dayu yang sok pintar, Edo dan Beni yang selalu asyik berdua. Karena mereka berdua teman dari TK.

Ih enak banget sih bisa 1 kelompok dengan teman akrab. Begitu pikir Siti.

Siti termasuk anak yang tak menonjol. Biasa saja di kelas. Kehadirannya tidak begitu dipedulikan. Kecuali oleh gurunya dan sahabatnya di kelas sebelah.

Kata teman-temannya, Siti adalah anak yang pendiam. Kurang inisiatif, pasif, tertutup, cuek, agak sombong dan pemalu. Namun, Siti termasuk siswa yang penurut. Tidak suka berbuat gaduh. Rajin mengerjakan semua tugas dari guru.

Untuk satu hal ini Siti sangat tidak bersemangat yaitu kerja kelompok.

Saat di kelas, Dayu berkata kepada teman sekelasnya  dengan suara lantang. Sehingga terdengar sampai luar kelas. “Yah, satu kelompok sama Siti. Apa asyiknya?  Dia kan orangnya pendiam, pendiam, dan pendiam”.

Siti mendengar bacotan Dayu, terlihat murung. Kesal, bad mood, bete.

Sebenarnya Siti tahu betul tentang sifatya. Tapi, setelah mendengar perkataan Dayu. Siti merasa tidak nyaman. Itu bukan cap atau label. Memang fakta adanya. Namun, Siti menjadi semakin menarik diri dan tidak bersemangat.

Kepalanya tertunduk. Tanpa melihat Dayu yang mencercanya. Siti tak peduli terhadap banyak mata yang melihatnya.

Sekejap dunia seperti asing. Ingin rasanya menghilang ditelan tugas sekolah.  

**********

 

Itu tadi sekilas cerita tentang Siti yang memiliki sifat pendiam.

Apakah di sekitarmu ada yang memiliki sifat pendiam? Atau mungkin kamu sendiri ?

Banyak label atau cap yang keliru tentang kepribadian introvert.  Mungkin label/cap tersebut dianggap memiliki kemiripan.

Apakah orang pendiam pasti berkepribadian introvert? Apakah orang pendiam pasti gak asyik? Gak punya teman?

Apakah individu introvert itu antisosial?  Apakah kepribadian introvert bisa menjadi psikopat? Apakah orang introvert itu sombong? Apakah introvert itu pemalu ?  Apakah introvert itu lebih baik daripada ekstrovert?

Yuk baca tulisan ini sampai selesai ya. Mari kita pecahkan stigma!

 BACA JUGA : Ku Kira Kau Rumah 

 

Apa itu kepribadian introvert?  Introvert = pendiam ?

via GIPHY

Jadi, garis besarnya kepribadian manusia ada 3 yaitu introvert, ekstrovert dan ambivert.

Introvert adalah salah satu kepribadian yang merasa lebih nyaman ketika mereka bisa fokus dengan ide dan pikirannya. Mereka lebih bisa menikmati suasana ketika menghabiskan waktu hanya dengan satu atau dua orang, daripada dengan orang banyak.

Istilah introvert dan ekstrovert ini berasal dari seorang psikolog bernama Carl Gustav Jung. Kedua tipe kepribadian ini bisa memilah bagaimana orang-orang mendapatkan atau menggunakan energinya. Saat itu, dia percaya bahwa beberapa orang diberi energi yang berasal dari luar (ekstrovert) dan beberapa orang diberi energi dalam dirinya (introvert).

Ekstrovert kebalikan dari introvert. Sedangkan ambivert campuran keduanya.

Orang yang memiliki sifat pendiam, besar kemungkinan berkepribadian introvert. Namun, tidak berlaku sebaliknya. Introvert belum tentu pendiam.

Tapi, sifat pendiam itu hanya berlaku pada kondisi dan situasi tertentu.

Jika dia memiliki sifat pendiam dari kecil, bisa jadi seterusnya sifat itu tetap ada sampai dewasa. Namun, balik lagi ke situasi dan kondisi.

Kenapa Siti menjadi pendiam saat di kelas?  Apakah dia pendiam saat bersama sahabatnya? Mungkin saat di kelas, Siti merasa tidak nyaman. Beda halnya saat bersama sahabatnya. Bisa jadi Siti lebih banyak bicara dan lebih ceria.

Terkadang, kepibadian introvert bisa berpura-pura sementara menjadi ekstrovert.  Menjadi periang, ceria, sanggup berlama-lama dalam keramaian.  Namun, kamu tahu gak sih? Faktanya, manusia pasti merasa lelah jika harus berpura-pura menjadi orang lain. Demi status ataupun agar diakui orang lain. Entah kapan lelah itu datang, dan akhirnya dia menyerah.   

Terkadang, introvert bisa ganti peran menjadi ekstrovert.Ini bersifat sementara ya. Akan tetapi, tidak berlaku sebaliknya.

Jadi, orang pendiam itu sebenarnya asyik loh. Jika dia merasa tertarik dengan suatu obrolan, atau memang sedang bergairah menanggapi percakapan. Tergantung situasi dan kondisi. Pribadi introvert suka pilih-pilih lawan bicara dan tergantung mood.

BACA JUGA : (Masih) Memilih Overthinking  


Apakah individu dengan kepribadian introvert itu antisosial? 

via GIPHY

Antisosial yang dimaksud adalah tidak punya teman, tidak mau bersosialisasi.

Jawabannya adalah tidak benar. Pribadi introvert mempunyai teman. Bahkan mereka memiliki sahabat yang seirama. Meskipun hanya 1 saja. Lebih mementingkan kualitas pertemanan, daripada jumlahnya.

Terkadang pribadi introvert menarik diri dari keramaian orang. Berbeda orang, berbeda juga pengalamannya.

Ada pribadi introvert yang tidak bisa berkumpul lebih dari 6 orang. Jika dilakukan, energinya akan ambyar. Energinya lenyap. Mungkin bisa merasa sangat tidak nyaman.

Ada juga yang tak masalah jika berkumpul lebih dari 6 orang.  Ternyata meskipun introvert, akan berbeda pengalaman dalam hidupnya. Akan berbeda kasusnya/masalahnya.

 

Apakah kepribadian introvert bisa menjadi psikopat?


Duh….duh. Ini anggapan yang sangat ekstrim. Berlebihan cuy. Coba dijabarkan dulu ya. Apa itu psikopat?

Psikopat adalah gangguan kepribadian yang ditandai dengan beberapa ciri, seperti perilaku antisosial, tidak memiliki empati, dan memiliki temperamen yang sulit diprediksi. 

Berdasarkan pengertian psikopat dan introvert sudah sangat berbeda ya.  Psikopat adalah gangguan kesehatan mental , sedangkan introvert merupakan salah satu jenis kepribadian.

Psikopat adalah gangguan kesehatan mental. Sedangkan introvert merupakan salah satu jenis kepribadian. 

Individu bisa menjadi psikopat karena beberapa faktor. Diantaranya yaitu genetik (keturunan), perubahan fungsi otak, dan trauma masa kecil.

Kesimpulannya, menurut ku, pribadi introvert tidak langsung otomatis menunjukkan perilaku psikopat. Butuh pemeriksaan ke dokter dengan rangkaian yang kompleks. Jadi, jangan asal menuduh ya.

BACA JUGA : Kamu Berhak Bahagia! Sabar Ya Bestie

 

Orang introvert itu sombong? Apakah introvert itu pemalu ?


Beberapa pribadi introvert dicap sombong karena terlihat tidak perhatian. Tidak mau ikut mengobrol, cuek, jarang tersenyum, jutek, sibuk dengan dirinya sendiri.

Kok jadi jelekin introvert ya? padahal aku sendiri introvert loh. Hehe.

Sebenarnya, anggapan orang-orang itu hanya melihat dari luarnya saja. Gak sepenuhnya salah, dan gak sepenuhnya benar. Loh? Hehe.

Diakui memang cuek. Memang jutek. Dan terkadang pelit senyum. Ini yang tidak baik. Ayo diperbaiki, hehe. Tapi…tapi. Ada alasannya,

Karena merasa tidak nyaman dengan orang di sekitar, tidak tertarik dengan obrolan. Sehingga memilih untuk diam saja. memilih untuk mendengarkan daripada bicara. Khawatir bisa salah ucap.

Terkadang pun sibuk dengan diri sendiri karena bingung mau bicara apa ya. terlalu banyak berpikir, jadilah overthinking.

Daripada itu, tidak semua introvert pemalu. Tapi , ada juga yang introvert dan pemalu. Tergantung orangnya ya.

Apa penyebab individu menjadi pemalu? Mungkin karena tidak percaya diri, khawatir dengan opini orang lain, dan tidak yakin dengan keputusannya.

Plis. Pribadi introvert dan pemalu itu berbeda ya.

BACA JUGA : Ketika Harapan Tidak Sesuai Kenyataan. Gimana Dong? 

 

PENUTUP : Bagaimana jika aku introvert ?


Untuk mengetahui kepribadianmu, butuh tes psikologi.  Bisa lewat link https://www.playbuzz.com/robimc10/tes-kepribadian-online-kamu-introvert-atau-ekstrovert

Tes tersebut bersifat online dan gratis. Semoga hasilnya akurat. Hehe.

Masing-masing kepribadian mempunyai kelebihan dan kekurangan. Allah menciptakan manusia berbeda-beda agar kamu saling mengenal. (Q.S Al-Hujurat ayat 13)

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Tak masalah jika kamu introvert dan juga pendiam. Kamu bisa sukses dengan caramu sendiri. Meskipun introvert kamu juga bisa menjadi aktor, penyanyi, guru, dokter, MC, dll.

Semuanya perlu latihan, ilmu dan motivasi yang kuat.  Fokus pada kelebihan diri, berusaha dan tak lupa berdoa minta dimudahkan. Abaikan saja bacotan orang lain. Sudahi overthinking mu.

Semangat ya!

 BACA JUGA : Ku Kira Kau Rumah 

 

Terimakasih telah membaca

Semoga bermanfaat ^^

 

Referensi :

https://tirto.id/ga2n

https://www.alodokter.com/jangan-tertipu-watak-seorang-psikopat

https://tafsirweb.com/9783-surat-al-hujurat-ayat-13.html

You Might Also Like

1 komentar

  1. wah bener banget kak. setuju. tos dulu dong kita. hahha.
    kadang kala, kalau ada yang tidak se-frekuensi, aku diam aja.
    kayaknya tuh sendiri akan lebih baik. fokus dengan yang dikerjakan agar cepat sukses. hehe

    BalasHapus

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)