PESTA DEMOKRASI 2024: Paslon Mana Yang Peduli Lingkungan ?

Januari 26, 2024

pilih pemimpin yang peduli lingkungan ya/ mirnaaf(dot)com

 

Sebenarnya aku agak ragu mau membahas tentang ini. Karena ada sebagian orang anti politik. Padahal, politik itu berpengaruh sekali pada kehidupan sehari-hari. Kebijakan atau aturan yang ada di suatu negara merupakan imbas adanya politik ataupun produk politik itu sendiri.

Presiden pemegang kuasa tertinggi memiliki wewenang untuk mengubah, membuat aturan terhadap negara yang dipimpinnya. Maka dari itu, pandai memilih pemimpin agar tidak susah nantinya.

Bidang apa saja yang dapat diatur oleh Presiden/ Pemerintah ? Banyak banget cuy. Termasuk lingkungan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dll.

Dalam blog ini, sesuai dengan niche lingkungan, maka aku akan membahas calon presiden yang paling peduli lingkungan. Mohon dibaca sampai selesai ya.

 

Tahun ini jangan anti politik tapi harus pintar mengkritik

Mengutip narasinya Abigail Limuria co founder Bijak Memilih.

“Siapapun presidennya tetap cari duit sendiri, bayar cicilan sendiri, capek sendiri. Politik mah gak ngaruh. Yakin?

Tapi, yang menentukan bunga cicilan siapa? Yang menentukan UMR ? Yang menentukan pajak?

Jenuh kerja pengen refreshing ke tempat publik gratis. Yang menentukan ada tempat publik & kualitasnya bagus siapa ya?

Pengen jalan-jalan sama teman, tapi jalanan macet. Gak ada transportasi publik ke arah sana. Akhirnya mager gak jadi. Itu karena dampak apa ya?

Yaudah lah di kamar aja nonton Netflix. Kecepatan internet, harga internet, bahkan Netflix itu bisa ada di Indonesia karena Keputusan siapa ya???

Lagi trend artis world tour, tapi mereka mau mampir ke Indonesia gak ya? Itu bergantung infrastruktur dan birokrasi kita yang mumpuni.

Kualitas hidup kita ditentukan oleh regulasi dan kebijakan politik. Hal tersebut yang menentukan adalah pemimpin (presiden, DPR, DPRD, Gubernur, dll). Pemimpin dipilih oleh rakyat yang dapat suara mayoritas.

Artinya kualitas hidup kita, secara gak langsung ditentukan oleh pemimpin terpilih yang paling banyak dipilih masyarakat. Kalau misalnya masyarakat milih asal cuma karena terkenal/ikut-ikutan wa grup keluarga/kocak. Duh, bagaimana pemimpin yang bakal terpilih ?

Di negara ini, semakin banyak rakyat yang peduli & sadar politik, memilih berdasarkan rekam jejak, tuntut gagasan & ide dari pemimpin, Maka, probabilitas pemimpin-pemimpin baik yang terpilih lebih besar.

Jika pemimpin yang oke terpilih, maka probabilitas bisa bikin regulasi oke naik. Regulasi oke maka probabilitas bikin kualitas hidup kita semakin baik.

Mungkin banyak yang malas atau merasa putus asa karena pilihannya gak ideal. Gpp, tetap pilih yang terbaik dari yang ada dan tetap menuntut janjinya. Kita main jangka panjang nih.

Kalau rakyat semakin kritis, gak mau dibego-begoin, nuntut gagasan, cek rekam jejak. Maka semakin lama partai-partai & elite akan berpikir untuk mencalonkan yang kritis, kampaye cerdas, kasih gagasan dan rekam jejak yang oke. Karena mereka kriteria tersebut yang akan laku.”

 

Salah Pilih Susah Pulih

Meminjam kalimatnya Greenpeace. Memilih calon pemimpin harus secara sadar. Kita sebagai rakyat, yang seharusnya dilayani, harus lah pandai memilih pemimpin. Mungkin setiap orang punya kriteria dan prioritas masing-masing. Itu terserah dirimu. Maka dari itu, gunakan hak suara dengan sadar.

Sadar dong. Presiden terpilih akan memimpin 5 tahun ke depan loh. Ini akan mengubah hidupmu secara gak langsung. Kebijakan desa, RT, RW, Kecamatan, Kota, Propinsi dan sampai negara. Luas cakupannya.

BACA JUGA : Masker Medis Setelah Dipakai Dibuang Kemana? 

Kalau aku pribadi yang agak awam ini, memilih pemimpin dari agama nya, rekam jejak, prestasi, partai yang mengusung, program dan visi-misinya. BUKAN KARENA drama nangis, joget, dan gimmick.

 

Yang bisa dijadikan referensi dalam memilih

Kemarin aku mencoba jawab kuis di bijakmemilih.id

tangkapan layar laman bijakmemilih

hasil kuis kemiripan partai / laman bijakmemilih

 

Seru juga ya. Namun, ini hanya sebagai referensi. Jangan dijadikan acuan tetap. Kamu masih bisa pertimbangkan ulang ya.

 

Akun Instagram WWF Indonesia

WWF atau kepanjangannya (World Wide Fund for Nature) merupakan organisasi non profit konservasi yang berfokus pada pelestarian keanekaragaman hayati dan sumber daya alam.

Untungnya aku follow akun Instagram nya. Berikut ringkasan dari WWF terkait visi misi lingkungan Capres dan Cawapres 2024 

BACA JUGA :  Merayakan Hari Bumi "Buka Tanpa Nyampah"

visi misi lingkungan paslon 01/ ig wwf_id

 

visi-misi lingkungan paslon 02/ ig wwf_id

visi-misi lingkungan paslon 03/ ig wwf_id


Diskusi debat cawapres kedua

Ini juga bisa dijadikan referensi ya. Pada debat cawapres kedua tanggal 21 Januari 2024 yang bertemakan pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Aku merekomendasikan 2 tontonan Youtube nobar debat cawapres. Karena nobar (nonton bareng) dikomentari oleh bagian lingkungan. Bukan dari tim suksesnya. Contohnya nobar yang diadakan IDN TIMES pembicaranya yaitu Dandhy Laksono (co founder watchdoc), Andhyta F. Utami (co founder bijak memilih). 

Dari IDN TIMES : https://www.youtube.com/watch?v=_558skByzbY&t=11369s

Dari Greenpeace Indonesia : https://www.youtube.com/watch?v=-s94NymLfxg

 

Pilih yang mana nih ?

Aku insyaallah pilih paslon nomor urut 1 AMIN aja dulu.

Jikalau ingin presiden yang sempurna apakah ada?  Aku maunya presiden yang seperti zaman sahabat rasul atau bahkan yang seperti rasul. Ada ga? Pasti ga ada kan?

Maka dari itu, cari pemimpin yang mudharat nya lebih sedikit daripada calon lain. Dan menurutku, Anies Baswedan menjadi jawabannya. Memilih dengan metode eliminasi ga masalah kan?

BACA JUGA : Ulas Film Pulau Plastik "Bergerak Untuk Masa Depan"

 

Kalau kamu pilih yang mana ?

Setiap warga negara yang memiliki hak suara bebas memilih ya. Boleh no 1, no 2 atau no 3. Perlu diingat bahwa pilihanmu akan menentukan kebijakan-kebijakan 5 tahun mendatang.

Pilih sesuai hati nurani. Kalau masih belum yakin, silahkan solat istikharah agar mendapatkan pilihan mantap.

Jangan golput ya. XD

 

Terima kasih telah membaca

Semoga bermanfaat

Salam Lestari!

 

Referensi :

Bijakmemilih.com

CNN Indonesia

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)