Emang Boleh Pakai Barang Bekas ? Cek Keseruan Free Market #SalingSilang

Desember 30, 2023


Hai ... hai .... halo !

Apakah kamu punya barang yang tidak terpakai tapi masih bagus ?

Apakah kamu punya skin care yang gak cocok ?

Apakah kamu punya buku yang mau ditukar ?

Apakah kamu punya celana atau baju tapi ukurannya gak cocok ?

 

Di penghujung tahun kegiatan yang paling cocok itu beres-beres rumah. Iya gak sih ? Karena beberes bisa sebagai evaluasi diri sebelum tahun baru.

Kalau aku senang beres-beres, dan jika aku mempunyai barang bagus yang layak pakai, maka barang-barang tersebut sudah dipisahkan. Seperti buku, baju, celana, dll. Pernah dengar istilah declutter ? Yap betul. Itu lah yang aku maksud. Hehe. 

 

Acara Free Market #SalingSilang

Alhamdulillah, aku dan bestie bisa ikut acara ini. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu 23 sampai 24 Desember 2023. Tetapi, peserta hanya boleh pilih 1 hari saja. Free Market #SalingSilang merupakan acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Gaya Hidup Minimalis Indonesia (lyfewithless). Acara ini juga merupakan rangkaian dari event Holiday Forest Market yang berlokasi di Plaza Urban Forest, Cipete, Jakarta Selatan.  

Oia, acaranya gratis ya. Maka dari itu, tidak dapat makan. Kalau mau minum bisa refill dengan membawa tumblr sendiri.



Ngapain aja di Free Market #SalingSilang ? 

Barang-barang yang masih bagus dan layak pakai bisa ditukarkan dengan barang milik orang lain. Inti acara ini adalah saling tukar barang. Maksimal membawa 8 barang. Jika lolos kurasi panitia, maka bisa mendapat 5 token untuk ditukar dengan barang lain.

Kategori barang yang bisa ditukar yaitu buku, mainan anak, alat makan, jilbab, peralatan bayi & ibu, dekorasi rumah, barang elektronik kecil, topi, sandal, tas, produk kecantikan dan lain sebagainya. Apa saja syarat barang-barang yang lolos kurasi ? kepoin aja ig nya ya.

Barang-barang yang aku tukar yaitu celana jins, 3 buku, dan 1 dress. Totalnya 5 barang ya. Namun, yang lolos kurasi hanya 3 barang saja. Dua barang lainnya didonasikan, sedangkan 3 barang yang lolos akan diadopsi peserta lain. 



 

BACA JUGA : Gaya Hidup Minimalis Itu Apa Sih ?

 

Barangku yang lolos kurasi yaitu à celana jins, 1 buku, 1 dress

Barang yang aku adopsi (barang punya peserta lain à 1 buku, 1 notes dan topi

Jadi, bebas ya mau pilih barang yang mana. Tidak terikat dengan kategori. Kalau bawa buku, bisa adopsi selain buku, dst.

 

Ada lagi yang seru di Free Market #SalingSilang 

Selain tukar, donasi dan adopsi barang, acara lainnya yaitu antara lain :

  1. Meet up dengan komunitas juga sekaligus sharing session dengan narasumber 


  2. Drop kemasan kosong skin care bekerja sama dengan daur
  3. Drop baju/kain bekas bekerja sama dengan ecotouch
  4. Free refill air minum
  5. Memperbaiki pakaian yang rusak bekerja sama dengan Rumah Jahit
  6. Tukar minyak jelantah bekerja sama dengan tukr. 1 liter harganya Rp 5000.



 

Apa itu acara Holiday Forest Market ?

Holiday Forest Market merupakan tema acara utama yang di dalamnya ada Free Market #SalingSilang. Sependek pengetahuanku, acara ini diadakan oleh Siptala sebagai pelaksana acara. Bertemakan Holiday karena bertepatan dengan libur natal & tahun baru. Acaranya banyak tidak hanya Free Market saja. Misalnya workshop diy plant, workshop pottery, membuat scanted candle, dll. Juga ada beberapa tenant dengan niche seputar farmers, makers, artisan market, wellness, local dan multi cultural.



How to get there ? Bagaimana cara ke sana ?

Aku ke sana dengan transportasi umum ya. Perlu banget aku cerita tentang ini karena senang sekali bisa naik mikrotrans dan MRT. Hehe. Maklum , bukan warga Jakarta.

Aku naik mikrotrans atau Jak lingko dengan jurusan Pondok Gede – Kp Rambutan. Alhamdulillah, bayarnya Rp 0 alias gratis. Tapi, harus tap in dan tap out kartu ya. 

 

Sampai di Terminal Kp Rambutan lanjut naik TransJakarta 7A Kp. Rambutan – Lebak Bulus. Lalu turun di MRT Fatmawati Indomaret.

BACA JUGA : Kangen Ngebolang, Kangen Jalan-Jalan

 

Lanjut naik MRT dari Fatmawati Indomaret. Sebenarnnya ini yang kedua kali aku naik MRT.  Pertama di Bendungan Hilir, yang kedua di Fatmawati. Dengan tarif Rp 4000, aku turun di Stasiun MRT Cipete Raya.

Plaza Urban Forest lokasinya dekat sekali dengan stasiun MRT Cipete. Kira-kira jaraknya 100 meter dari pintu keluar stasiun.

First impression naik MRT di Fatmawati & Cipete adalah sangat memuaskan. Puas karena bersih, rapih, petugasnya ramah sigap membantu. Akses kemana-mana mudah. Terintegrasi dengan Transjakarta. Musola dan toilet bersih. Kerennya tersedia ruang menyusui, dan toilet untuk pengguna kursi roda.



Pakai barang bekas ? Apa keuntungannya ?

Acara Free Market #SalingSilang menganut gaya hidup minimalis dan gaya hidup berkelanjutan. Hal ini otomatis sejalan dengan gaya hidup yang aku yakini yaitu zero waste atau minim sampah.

Selain acaranya seru dan memiliki prinsip 5R (refill, recycle, reuse, repair, reduce) , berikut keuntungan menggunakan barang bekas (preloved)

BACA JUGA : Komitmenku Adalah Gaya Hidup Minim Sampah

BACA JUGA : Agar Zero Waste Bernilai Ibadah

 

  1. Mengurangi emisi karbon. Secara logika, pembuatan suatu produk pasti membutuhkan sumber daya. Sumber daya yang dimaksud adalah beban transportasi, listrik, air, dll. Jika kita dapat mengurangi jejak karbon, maka Indonesia mungkin dapat mencapai zero emission. Selangkapnya baca disini 
  2. Mengurangi limbah. Barang yang menurutmu tidak berguna, mungkin bisa berguna untuk orang lain. Tipsnya adalah teliti dalam memilih barang bekas ya.
  3. Memperpanjang usia barang karena tidak langsung dibuang.  Barang dapat digunakan lagi oleh orang lain.
  4. Lebih hemat bahkan bisa untung. Kamu bisa beruntung jika mendapatkan barang yang nilai jualnya lebih tinggi. Misalnya barang yang kau tukar novel harga 10ribu, lalu dapat rezeki adopsi novel harga 80ribu. 
  5. Menjadi pribadi lebih bijak dan berkesadaran. Saat memutuskan untuk menukar barang, aku berpikir apakah ini akan digunakan lagi. Jika barang tersebut tidak digunakan lagi, maka sayang sekali jadi tidak bermanfaat. Maka dari itu, barang bisa ditukar ataupun didonasikan. Supaya barang tersebut bisa bermanfaat.

 

Penutup dan Kesimpulan

Alhamdulillahilladzi bi ni’mati tatimusshalihat. Senang sekali dapat mengikuti acara ini. Ketemu bestie, jalan-jalan, dapat barang gratis, dapat pengalaman baru, ketemu Mba Iwed dan Mba Nada.

Jadi, apakah boleh pakai barang bekas ? Ya boleh lah. Asalkan teliti, pandai-pandai memilih barang. Cari barang bekas yang layak pakai dan masih berfungsi dengan baik. Alhamdulillah, aku beli laptop second dan laptopnya masih awet. Syukur sudah 7 tahun pemakaian.

Aku nyesel cuma bawa 5 barang. Itu pun yang lolos kurasi hanya 3 saja. Jadi, cuma dapat 3 barang yang bisa diadopsi.

Masyaallah seru acaranya. Kalau ada lagi mau ikut ah. Insyaallah ngajak kakak ipar juga.  

 

Terima kasih telah membaca.

Semoga bermanfaat ^^

 

Referensi :

Instagram @bersalingsilang

Instagram @siptala

Instagram @lyfewithless

Handbook oleh Zero Waste Indonesia terbitan April 2021

https://jakartamrt.co.id/id/tarif-mrt-jakarta

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)