Kangen Ngebolang, Kangen Jalan-Jalan

Agustus 07, 2021



Bolang Si bolang, si bocah petualang….

Kuat kakinya seperti kaki kijang.

Hap…hap….hap…hap….hap”

 

Itulah lagu pembuka program si bolang yang tayang di trans 7.  Meskipun bukan lagi usia anak-anak, Tapi suka menonton program tersebut. Si bolang dan laptop si unyil. Namun, karena kesibukan lainnya jadi jarang banget nonton tv. Udah nggak ngikutin lagi.

Kamu suka nonton si bolang juga?

Seneng ya lihat anak-anak bisa tertawa lepas. Bergerak aktif di alam bebas, eksplorasi alam sebanyak-banyaknya. Tanpa gadget dan tanpa khawatir tertular virus corona.

Program ini is the best lah. Menurutku. Program yang ramah anak, tanpa sensor, nggak banyak drama. Tentang si unyil nih, katanya mau difilm kan. Tapi sampai sekarang belum ada hilalnya. Pak Raden sudah meninggal. Pak Ogah sedang sakit. Jadi pesimis akan ada filmnya.

========-------========= 


Sebelum pandemi, sering ngebolang

Sebelum pandemi, aku sering ngebolang (menjadi bocah petualang alias suka jalan-jalan). Jalan-jalan keliling Kota Jakarta naik busway, KRL dan MRT. Sama halnya ketika kuliah di Semarang. Sering jalan-jalan menggunakan BRT. Meskipun capek berdiri, desak-desakkan. Tapi seneng aja gitu. Namun, alangkah lebih senangnya kalau dapat tempat duduk sepanjang perjalanan. Dan tidak macet. Nikmatnya dunia. Haha. *Lebay.

Daripada naik angkot. Enggak banget deh.  Bau rokok, ngetemnya lama, sering diturunin di tengah jalan. Padahal belum sampai tujuan & disuruh bayar. Kezel.

Asyiknya, Pemda Kota Jakarta menyediakan bis wisata, bis tingkat. Bis ini mempunyai rute khusus. Rute tersebut yaitu Kalidojo, Bundaran HI-Sarinah HI-Balai Kota Meskipun jalan-jalan sendirian dari Bekasi ke Jakarta, rasanya tetap menyenangkan kok. Tetap seru!

bus wisata foto oleh traxonsky



Masyaallah. Senang sekali rasanya waktu itu. Memori tak terlupa saat jalan-jalan bersama para murid spesialku.

Lantas, kapan ya bisa naik busway lagi? Hem …..

 

Antara ngebolang orang kota dan orang desa

Aku sebagai warga perkotaan seneng banget bisa keliling kota pakai bis tingkat. Jalan-jalan ke suatu tempat naik transportasi umum. Kuliner, ngemall, kajian di masjid besar, pameran buku, kopi darat komunitas, dll. Kangen ih…


BACA JUGA : Ada Nggak Orang Yang Alergi Nonton Drama Korea? Gitu Amat


Tapi, kalau ditawarin atau diajak ngebolang seperti program di trans 7 itu, aku mau banget. Menikmati alam tanpa polusi udara, kemacetan. Enak gitu rasanya bisa mancing ikan sendiri, masak sendiri, bermain dengan alam sekitar . Tanpa gadget, tanpa bising hiruk pikuk perkotaan. Bukannya bersentuhan dengan alam itu menyenangkan?

alam yang menyenangkan foto unsplash/olivergraham


Kok gitu? Kenapa bermain dengan alam itu menyenangkan?

Mendaki gunung, menginap di puncak, wisata petik buah, outbond di alam, dll. . Itu lah liburan yang biasanya dicari orang perkotaan.

Menghirup udara di pegunungan. Melihat pemandangan hijau. Rasanya sungguh menentramkan ya?

Kenapa bisa begitu ya?

Mari kita bahas hubungan antara alam dengan psikologi manusia.

BACA JUGA : Kamu Bisa Bahagia. Bisa Banget! 


Sesungguhnya manusia punya keterkaitan naluriah dengan alam. Jika dilansir dari laman pijarpsikologi, manusia memiliki perasaan terikat dengan alam karena fungsi psikologis dapat beradaptasi paling baik saat berada di alam. Istilahnya nature relatedness. Bukan pecinta alam ya. Hehe.

Keterikatan dengan alam ini dapat berpengaruh terhadap kebahagiaan dan kesejahteraan manusia. Berdasarkan riset menyebutkan bahwa adanya keterikatan dengan alam dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kesehatan mentalnya. Diantaranya membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan mood  positif seperti perasaan bahagia dan nyaman, mengurangi cemas, depresi, meningkatkan harga diri,  

Hal ini juga berdampak baik dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi cenderung  lebih fokus, produktif, serta mampu merefleksikan masalah di kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Juga memberikan dampak positif pada kesehatan fisik, membantu memaksimalkan sistem imun manusia. Alam dapat mengurangi stress dan emosi negatif seseorang. Dengan merasakan kesejukan alam, tekanan darah menjadi stabil dan stress berkurang.

 

Tapi kan lagi PPKM, lagi musim corona. Nggak bisa ke puncak. Gimana dong?

Caraku mensiasati ini dengan cara bersedih, huhu. Tapi sebentar aja. Kemudian, cari alternatif kegiatan lainnya, yaitu :

  1. Blogwalking (loh?) Iya karena aku blogger, hehe. Blog walking itu asik loh. Bisa menambah informasi dan referensi baru. 
  2. Melakukan hobi. Tentunya yang bisa dilakukan dalam rumah. Misalnya memasak, menjahit, menggambar, menulis, membaca, dll. 
    memasak foto Pexels/cottonbro

  3. Olahraga beneran (bukan sekedar ngepel, nyapu doang). Olahraga yang diniatkan biasanya outfit nya juga beda. Menurutku, sah-sah aja olahraga di luar rumah. Namun, hanya di lingkungan perumahan mu saja. jangan terlalu jauh. 
  4. Bersentuhan dengan alam (yang ijo-ijo). Misalnya berkebun, mengompos, dan berjalan di tanah atau langsung di rumput (barefoot).  
    barefoot foto oleh unsplash/nickpage

  5. Berjemur (sambil minum kopi/teh/madu). Waktu berjemur yang tepat di pagi hari ya. Bisa di jam 8 pagi sampai jam 10 pagi. Guna mendapatkan vitamin D, asli dari Sang Maha Pencipta. 
    kucing berjemur foto doc pribadi

  6. Peka terhadap alam sekitar. Maksudnya memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan. misalnya bangun pagi untuk menghirup udara pagi, menatap langit biru, menikmati syahdu nya rintik hujan, aroma tanah bercampur air hujan, langit senja dan terbitnya. Sambil merenungi, begitu hebatnya Allah Yang Maha Menciptakan. 
    langit senja foto oleh unsplash/Dawid Zawila

  7. Mindful atau berkesadaran dalam kegiatan. Bisa diawali dengan latihan pernafasan. Sadari udara masuk ke hidung, lalu perlahan hembuskan lewat mulut. 

BACA JUGA :  Ekspetasi Tidak Sesuai Realita. Dibawa Santai Aja Gimana? 


Masyaallah. Alhamdulillah.

Beruntunglah kalian yang punya kebun/taman/tanaman di rumah. Lumayan bisa sedikit mengurangi kejenuhan di rumah. Ya walaupun sedikit. Haha. Kalau di rumah nggak ada gimana? Bisa jalan-jalan di sekitar perumahan. Tapi jangan jauh-jauh ya.

Yuk dicoba yuk, 7 kegiatan di atas. Agar tetap waras selama masa pandemi dan bisa mengurangi rasa kangen ngebolang. Hehe.  Semoga kita selalu sehat mental dan psikis ya. Aamiin.

BACA JUGA : Review Film Diam & Dengarkan 

 

Terimakasih telah membaca.

Semoga bermanfaat ^^

 

Referensi :

https://pijarpsikologi.org/mengapa-alam-begitu-menenangkan/

https://pijarpsikologi.org/alam-juga-bisa-menyembuhkan/




Nih buat jajan

You Might Also Like

28 komentar

  1. Tipsnya oke banget. Kayanya perlu dicoba berjemur dan mengompos. Akupun suka Blogwalking, jadi membaca dunia blogger lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mba. berjemur juga membuat mood positif. kalau ada waktu luang, yuk sempatkan berjemur. ^^

      Hapus
  2. Jadi memang, masa pandemi ini semakin mendekatkan kita kepada alam dan penciptanya, ya kak. Dari mulai pagi hari sampai malam, kegiatan kita hanya berinteraksi dengan ciptaanNYA. Gratis, lagi!.

    Saya paling suka dengan berjemur pas jam-jam 09.00 WIB, soalnya panasnya, pas! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kang. kalau cuaca cerah wajib deh berjemur. hhehe

      Hapus
  3. Pandemi tetap bisa bolang dari rjmah ya kak. tips yang okey nih. Lain dari biasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bolang di dunia maya bang. haha. karena keadaan juga menuntut kita menjadi kreatif.

      Hapus
  4. Tipsnya OK banget mba untuk mengusir kejenuhan di masa pandemi begini. Meskipun pergerakan terbatas, kita harus tetap produktif dan jaga kesehatan yaa..
    oh ya, Justru dengan adanya PPKM begini, saya jauh lebih produktif dalam hal membuat konten di blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat kak natih!
      mungkin bisa diatur intensitas nulisnya. biar tidak kelamaan duduk dan screen time

      Hapus
  5. Point 4 paling saya banget, lagi menikmati nanem² benih sendiri di pot-pot kecil, Senang rasanya kalau sudah mulai tumbuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren.
      kalau aku lagi coba2 re-grow dari seledri dan daun bawang. tapi gagal lagi. hiks

      Hapus
  6. Itu yang kulakoni sekarang. Dipecat dari pekerjaan kantoran di kota membuatku balik ke desa. Membantu orangtua ke sawah dan setiap hari bertemu dengan hal2 yang disebutkan di atas. Rasanya aku kembali ke masa kecil saat tak ada beban hidup.

    Rasanya bahagia sekali dengan orang2 terkasih di dekat kita meski rezeki tak sebanyak di kota. Namanya juga pandemi, jadi semua terimbas. Asal kita terus berusaha, rezeki dari Tuhan tak akan ke mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. meskipun dipecat, aku yakin rezeki tetap mengalir. kan ada Tuhan Yang Maha Pemberi Rezeki. kembali ke desa, artinya kesempatan untuk lebih banyak berbakti. semangat mas!

      Hapus
  7. Selama PPKM ini memang lebih bisa mengondisikan untuk berolahraga. Beneran olahraga, bukan yang ngepel, nyuci, gitu-gitu. Berjemur juga jadi lebih rutin dan menyenangkan. Btw kucingnya lucu kak, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucing deket2 kalau minta makan doang. hahha.
      olahraga pun bisa dilakukan dari rumah ya

      Hapus
  8. Akibat pandemi, berjemur ini emang jadi hobi tambahan ya. Dan saya juga balik aktif lagi ngeblog tahun kemarin pas mulai lockdown.

    Selama pandemi, saya ngungsi dulu ke Bandung selatan bagian kabupatennya. Ada kebun, bisa ngasih makan itik kalau lagi stuck ga ada ide.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asik pelihara itik. kalau ayamnya sudah dewasa bisa dipotong dong ya? hehe

      Hapus
  9. Karena di masa pandemi, aku juga berjemur menjadi hobi tambahan Mbak hehe. Dan mulai kembali aktif lagi ngeblog tahun kemarin pas mulai lockdown. Kangen sebenarnya dengan event yang ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang juga banyak event, tapi online. bisa mengobati kangen lah ya. hehe
      manfaat berjemur pagi bisa menaikkan mood positif loh. hehe

      Hapus
  10. Kalau saya mau ngebolang selalu mempertimbangkan isi dompet dulu sih 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung ngebolangnya dimana ya.
      ngebolang di rumah juga bisa. virtual atau dari mimpi.hihi

      Hapus
  11. Salfok kucingnya lucu bgt ikutan berjemur hehe. Semua poinnya bagus utk diterapkan di masa PPKM gini ya, biar ttp sehat jiwa dan raga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. agar sehat mental dan fisik.
      si kucing deket2 kalau minta makan doang. haha

      Hapus
  12. aku juga kangen ngebolang kak, wakktu SMA mainnya masih ke daerah pegunungan, pas kerja di jakarta ngebolang dari satu museum ke museum lain. Sekarang udah ga bisa lagi ngebolang. Tapi kalau ada kesempatan, pengen banget naik gunung menjelajah situs-situs purbakala. Semoga pandemi cepat berlalu ya kak. Kalau ada kesempatan kita ngebolang bareng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ngebolang bareng kak. hunting buku murah di ibukota dan sekitarnya.
      semoga pandemi cepat berlalu. aamiin

      Hapus
  13. Nyeker nyentuh rumput, tanah memang membantu sekali. Jadi lebih mindful dan fresh setelahnya. Aku juga berkebun kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanem apa aja mba?
      kayaknya akan lebih seru jika mengajak anak ya? hehe

      Hapus
  14. Saat ini aku juga ngerasa beruntung karena tinggal di kampung dan bukan di kota. Banyak pohon, udara dingin, banyak sawah, kasus covid juga nggak tinggi seperti di kota.

    Tiap pagi bisa berjemur di depan rumah lihat kebon hijau-hijau. Pokoknya beneran merasa bersyukur banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.
      sehat-sehat mba di kampung. jadi kangen deh pengen mudik juga. haha

      Hapus

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)