Kelas #Belajarzerowaste Bahwa Belajar Itu Proses. Sampai Akhir

Oktober 07, 2021


Kalau anak sekolah, bagi mereka waktu 3 bulan itu telah melewati PTS (Penilaian tengah semester).

Kalau aku?

Tiga bulan ku telah berlalu. Terhitung dari bulan Juli 2021 sampai bulan ini, Oktober 2021. Kegiatan dalam jangka waktu tiga bulan tersebut akan aku tuangkan di tulisan ini.

Alhamdulillah. Dapat kesempatan belajar tentang gaya hidup minim sampah atau zero waste. Sebenarnya bisa sih belajar dari webinar atau buku-buku. Namun, kalau ada kesempatan ikut kelas. Kenapa tidak?

Lalu aku juga  melengkapinya dengan ikut webinar, membaca buku, podcast, menonton film, dll.

Teknologi semakin canggih. Ilmu bisa didapatkan dari mana saja. Termasuk ikut kelas #belajarzerowaste secara daring. Tidak tatap muka.

Alhamdulillah bersyukur sekali.  Meskipun masa pandemi, tetap mendapat kebermanfaatan.

Semoga kelas ini bisa membawa kebaikan di dunia & akhirat ku. Aamiin.

=========@#@#@#=========

 

instagram @belajarzerowaste_id

Apa itu kelas belajar zero waste ?

Kelas #Belajarzerowaste atau bzw, merupakan kelas daring yang dipelopori oleh Bu DK Wardhani. Menggerakkan para peduli lingkungan agar bertumbuh, bergiat dan berdaya.

Materi yang disampaikan, tentu berhubungan dengan lingkungan. Berfokus pada isu sampah, yaitu gaya hidup minim sampah.

Alhamdulillah, kelas ini gratis. Tidak dipungut biaya.

Kelas belajar zero waste sudah ada sejak tahun 2017. Pada tahun 2021 ini, terdapat 4 batch yaitu batch 8,9,10 dan 11.

 

 

Apa saja kegiatan di kelas belajar zero waste ?

Sebelum pada inti materi. Terdapat materi pengantar. Seperti memperkenalkan fasilitator, penyambutan dari Bu DK Wardhani, adab berilmu, teknis pembelajaran, tata tertib, silabus, dll.

Lalu di bulan Agustus , barulah penyampaian materi sesungguhnya. Dari sini dinamakan tahap bertumbuh. Sebulan kemudian jika lolos, lanjut ke tahap bergiat. Sebulan kemudian jika lolos, ke tahap berdaya. Kemudia wisuda yang nantinya dinyatakan sebagai alumni belajar zero waste.  

Materi disampaikan lewat Whats App grup. Beserta tanya jawabnya. Tak lupa ada notulen yang menuliskan, yang kemudian akan dikirim ke classroom.

Sebenarnya, kelas bzw berlangsung dengan beberapa media. Yaitu Whats App grup, dan classroom. Pada akhir di tahap berdaya, penyampaian materi ditambah dengan media  Zoom meeting. 

Setelah penyampaian materi, biasanya ada tugas (games) yang harus dikerjakan. 

Contohnya tulisan membuat eco enzyme, komitmen minim sampah, trash audit, mencegah lebih baik dari pada, ngompos dengan 3 wadah, masker medis, melestarikan air.

Games harus sesuai ketentuan, mengikuti alur. Lalu di posting ke media sosial, termasuk blog.

 

Bagaimana aku bisa ikut kelas belajar zero waste ?

Apakah melalui bantuan orang dalam?

Alhamdulillah, mendapatkan kesempatan mengikuti kelas ini. aku tahu kelas ini dari instagram. Saat itu akun ig @belajarzerowaste_id sedang membuka kelas.

Sebelum terdaftar menjadi peserta, wajib mengisi kuesioner.  Seperti  tes masuk gitu. Hehe.

Meskipun, tidak dipunggut biaya. Saat itu aku khawatir tidak lolos. Khawatir tidak sesuai kriteria yang dicari.   

 

 

Kesan-kesanku di kelas belajar zero waste

Selama kurang lebih 3 bulan aku mengikuti kelas ini, Alhamdulillah banyak manfaat yang telah aku peroleh.  Menambah ilmu, bahan konten di blog dan instagram, teman-teman baru. Bonusnya dapat followers. Hehe.

Seru sekali, masyaallah.

Meskipun ada beberapa materi yang telah aku ketahui. Namun, tidak mengurangi semangat ku mengikuti kelas ini sampai lulus.

Pembicaranya keren-keren. Fasilitatornya, masyaallah sabar, ramah dan banyak membantu. Alhamdulillah.

Games nya pun seru-seru. Meskipun, aku beberapa kali telat menyetorkan di luar tenggat. Hehe.  

Aku sangat setuju dengan salah satu testimoni peserta. Kelas ini tidak hanya mempelajari tentang minim sampah, juga hal yang berkaitan. Seperti berkebun, food preparation, public speaking, diy cleanser, dll.

“Menariknya, belajar di kelas bzw ini, tidak hanya tentang minim sampah. Juga yang selaras alam. Selama masih ada yang berbahan alam, maka gunakanlah. Karena yang dari alam, maka akan kembali ke alam dengan mudah” – Alfi, peserta bzw batch 11

 

Dapat ilmu sih, tapi rasanya sedih

Daripada itu, muncul kesedihan dan kecemasan. Tapi juga ada perasaan lega. Akhirnya selesai juga, tapi khawatir tidak dinyatakan lulus. Walaupun demikian, aku tetap optimis lulus. Agar bisa ikut wisuda.  

Perasaan sedih dan cemas yang lainnya karena tanggung jawab terhadap ilmu yang telah didapat. Aku pikir, setiap yang kita miliki ada pertanggung jawabannya.

Seperti dalam sebuah hadits, yang menyatakan bahwa akan ditanyakan waktumu untuk apa, masa mudamu digunakan untuk apa.

Juga sedih, tidak bisa 100% maksimal mengikuti materi. Ujung-ujungnya aku mengejar ketertinggalan di classroom dan sedikit manjat chat Whats App grup. Hem……..

 

Setelah kelas #belajarzerowaste, lalu apa?

Seharusnya setelah mendapatkan bekal ilmu dari kelas ini, aku dihimbau untuk menjadi pelopor.  

Terpikirkan olehku, rencana-rencanaku  ingin :

  1. Tetap konsisten menjalani gaya hidup minim sampah.
  2. Tetap konsisten update konten di sosmed tentang gaya hidup minim sampah. Termasuk di blog. Ingin membuat komunitas green lifestyle blogger. 
  3. Edukasi ponakan, siswa, dan orang-orang di sekitar. Edukasi bisa dari perbuatan, ceramah, update postingan, dll.
  4. Akan memperbaharui , menambah ilmu. Rencana ingin menambah soft skill penunjang.
  5. Dalam waktu jangka panjang, ingin menerbitkan buku solo ataupun antologi. Tentu dengan tema zero waste. Menjadi pemateri, dan menerbitkan e-book. Aamiin.

logo komunitas ig @belajarzerowaste_id


 

Sehingga,

Alhamdulillah, aku bersyukur sekali. Dapat mengkuti kelas ini, dan telah menyelesaikan games. Semoga dapat menambah ilmu di waktu yang akan datang.

Semoga semakin konsisten dan semangat menebarkan racun. Meskipun badai menghadang. Meskipun terkadang hasilnya tidak sesuai ekspetasi.

Aku mah apa atuh. Hanya memberikan inspirasi dan mengajak pada kebaikan. Tapi, jika yang diajak tidak mau. Yaudah…langkah selanjutnya adalah berdoa.

Selamat tinggal kelas belajar zero waste 2021! Semoga aku lulus, ikut wisuda, dinyatakan sebagai alumni. Aamiin. *optimis dong!

 

Terimakasih telah membaca

Semoga bermanfaat.

 

*tulisan ini diikutsertakan dalam games belajar zero waste 2021




Nih buat jajan

You Might Also Like

0 komentar

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)