(Masih) Memilih Overthinking

Oktober 10, 2021


 

Aku memilih dia. Aku memilih mu karena ….

Kata kerja memilih berarti kita (diri sendiri sebagai individu) yang dikenai kata kerja tersebut. Yang akan/sedang/telah melakukan kata kerja tersebut.

Contohnya : Siti memilih baju di toko murah. 

Setiap tindakan memilih pun punya tanggung jawab moral loh. Misalnya kamu memilih untuk rebahan daripada olahraga. Berarti konsekuensinya adalah tidak mendapatkan tubuh yang bugar. Dan mungkin di lain sisi mendapatkan waktu santai yang panjang.

Memilih, berarti kata kerja yang dilakukan oleh kita sendiri. sepenuhnya oleh kita, bertanggung jawab penuh juga perihal resiko yang muncul.

Memilih bisa kita kontrol. Bisa kita atur.

Sehingga, agar tidak overthinking “fokuslah dengan apa yang kamu pilih, daripada pilihan orang lain. Fokuslah dengan apa yang bisa kamu kontrol”.

“fokuslah dengan apa yang kamu pilih, daripada pilihan orang lain. Fokuslah dengan apa yang bisa kamu kontrol”.

Begitu lah kurang lebihnya.hehe.


Memilih sehat mental

Tahukah kamu bahwa kamu bisa memilih, menentukan kesehatan dirimu. Kesehatan fisik dan kesehatan mental.

Sesungguhnya kesehatan mental tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Menurutku, keduanya sama-sama penting. Jadi jangan menanggap remeh salah satunya.

kesehatan mental itu penting. gambar oleh unsplash


Kenapa kesehatan mental itu penting? Meskipun tidak kelihatan, namun sejatinya sangat berpengaruh terhadap tubuh.

Mental/jiwa yang sehat juga berpengaruh pada aktivitas kehidupan sehari-hari. Termasuk cara berpikir, bersosialisasi dengan manusia dan alam sekitar.

Faktanya, WHO mendeskripsikan kesehatan sebagai suatu kesatuan yang mencakupi fisik, mental, dan kesejahteraan. Itulah mengapa kita tak boleh menyepelekan pentingnya kesehatan mental.

BACA JUGA : Berinteraksi dengan alam mempengaruhi kesehatan mental 


Contoh dalam kehidupan nyata, jika individu mempunyai gangguan kecemasan atau depresi dapat menyebabkan keluhan fisik. Seperti sakit kepala, keringat berlebihan, detak jantung terlalu cepat, juga dapat menyebabkan tidak bahagia, murung, masalah finansial, dll.  

 

Memilih sehat mental bisa dari sekarang

Selamat ! Jika kamu telah menyadari bahwa kesehatan mental itu penting. Maka selanjutnya adalah memahami setiap perasaan yang masuk.



via GIPHY

Menerima bahwa aku sedang tidak baik-baik saja.

It okay to not be okay.

Salah satu cara untuk sehat mental adalah mengenyahkan overthinking. Ganti overthinking dengan mindfulness.

 

Apa itu overthinking?

Dalam psikologi,  overthinking yang dimaksud adalah catastrophizing.

BACA JUGA : Dalam masa pandemi, kamu berhak bahagia!


Artinya adalah pemikiran negatif atau buruk yang berlebihan terhadap suatu hal. Misalnya memikirkan masa depan yang buruk. Memikirkan apa yang akan terjadi esok hari, dengan bayangan-bayangan yang tidak diharapkan.

Contohnya, jika mem-post foto nanti orang-orang pada berpikir aneh nggak ya. Nanti orang-orang pada menjauhi aku nggak ya, dan hal-hal buruk lainnya.

Apakah kamu pernah mengalaminya?

 

Cara mengatasi overthinking : mindfulness

Ganti ovethingking dengan mindfulness.

Mindfulness bisa didefinisikan sebagai suatu keadaan pikiran dan perasaan yang hidup sepenuhnya di masa sekarang. Mindfulness ini telah terbukti secara ilmiah dapat mengobati depresi, kecemasan, penyakit dalam, penyalahgunaan obat, dan sebagainya.

Mindfulness tak melulu harus meditasi ataupun yoga. Mindfulness dapat langsung diterapkan saat ini juga. Yang berarti fokus, hadir seutuhnya di masa sekarang.

Contohnya saat sedang istirahat, maka singkirkan gadget. Pikirkan pada tubuhmu yang sedang terbaring di kasur, sambil pelan-pelan menghembuskan nafas. Rasakan nafas yang keluar masuk dan keadaan sekitar di kamarmu.

Atau bisa banget dilakukan saat beribadah. Solat yang khusyu’, fokus pada arti bacaan solat dan menikmati setiap gerakan solat. Masyaallah, nikmat sekali rasanya jika bisa khusyu’ saat solat.

BACA JUGA : Ketika harapan tidak sesuai kenyataan

 

Udah coba mindfulness, tetap tidak berhasil ?

Terkadang praktek itu lebih rumit daripada teori ya. Kayaknya gampang, tapi pas dilakukan susah.

Jika kamu merasa butuh bantuan bisa ceritakan pada professional ataupun bercerita ke seseorang yang kamu percaya. Namun, kepada professional akan lebih cepat teratasi.  

Alhamdulillah, bersyukur sekali. Berkat kecanggihan teknologi, professional mudah untuk dihubungi, bisa lewat aplikasi yang ada di smartphone. Tersedia dalam jasa chat, video call ataupun telepon. Sebagai alternatif pertemuan tatap muka.

Semoga di peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia, 10 Oktober 2021 ini, layanan kesehatan mental semakin mudah diakses. Semoga semakin cepat, mudah dan terjangkau. Aamiin.  

Karena sesuai dengan tema tahun ini, “kesetaraan kesehatan mental”, yang berarti semua orang dapat mengakses dan mendapatkan sehat mental.

Jadi, apakah pilihanmu IYA pada kesehatan mental?


Terimakasih telah membaca

Semoga bermanfaat ^^

 

Referensi :

https://www.halodoc.com/artikel/9-cara-sederhana-menjaga-kesehatan-mental

https://pijarpsikologi.org/blog/catastrophizing-kegagalan-berpikir-secara-logis-dan-cenderung-melebih-lebihkan-pemikiran-negatif?rq=overthinking

https://www.liputan6.com/global/read/4680378/hari-kesehatan-mental-sedunia-2021-usung-tema-terkait-kesetaraan

https://pijarpsikologi.org/blog/mempraktekkan-mindfulness-untuk-meningkatkan-kesehatan-fisik-dan-mental?rq=mindfulness

https://www.sehatq.com/artikel/pentingnya-kesehatan-mental-yang-tak-boleh-diremehkan

Kanal media Satu persen 






You Might Also Like

1 komentar

  1. sepertinya perlu latihan berulang agar feel mindfullness-dapat ya

    BalasHapus

Follow on instagram @mirnaaf_

About me

Foto saya
Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
Memiliki hobi menulis, membaca, berenang, jalan-jalan. Sedang belajar gaya hidup zero waste & minimalis. "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lain" (HR. Ahmad)