Apa itu Essential Oil? Yuk Cari Tahu Kelebihan & Kekurangannya

Juli 04, 2020


Saya secara pribadi, awalnya tertarik dengan essentials oil semenjak menganut gaya hidup minim sampah atau zero waste. Perlahan beralih ke body care dan skin care yang ramah lingkungan. Mulai dari kandungannya (pilih yang bahan alami, tanpa mikroplastik) dan dari cara pengemasannya. Meskipun selama ini belum pernah meracik sendiri, saya ingin tahu juga bahan-bahan yang dipakai untuk produk yang akan dibeli. Banyak sekali penjual produk kecantikan menggunakan essential oil (EO). Bisa karena ingin mendapatkan efek wangi ataupun untuk memperoleh khasiatnya. Saya pernah membeli 1 produk essential oil. Dengan niat untuk alternatif pengobatan. Ketika itu saya masih awam sekali dengan produk ini. Maka dari itu, saya mencari informasi dengan mengikuti kulwap di WhatsApp.

Di sini, saya akan berbagi sedikit tentang apa yang saya dapatkan di kulwap, diskusi dengan pengguna  EO, dan referensi dari beberapa artikel. Saya tidak menempatkan diri sebagai orang yang ahli di bidang ini. Sama sekali bukan ya. Jika misalnya Anda berbeda pendapat, silahkan tulis di kolom komentar. Mohon dibaca sampai selesai ya ^^

-+-+–+-+-+-+-+

Apa itu essential oil (minyak esensial) ?

Essential oil atau minyak esensial atau minyak atsiri atau ekstrak tanaman. Essential oil (EO) adalah senyawa aromatik yang biasanya diekstrak dari kulit kayu, bunga, daun, akar, biji, batang dan bagian tanaman lainnya. Minyak ini juga dikenal sebagai pengobatan alternatif pengganti bahan kimia (obat medis dokter) dengan bahan natural alami dari tumbuhan. Bersifat konsentrat dan aromatik yang diperoleh dari proses distilasi uap, cold press, atau penyadapan getah. Essential oil pun dikenal karena memiliki banyak sekali manfaat. Seperti memperbaiki suasana hati, pegal-pegal, mengatasi masalah pencernaan, sebagai bahan utama produk kecantikan, juga untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Akhir-akhir ini essential oil sangat terkenal. Meskipun harganya yang relatif mahal dibandingkan obat-obatan yang ada di apotik.  Namun, penggemarnya tetap banyak. Tak segan merogoh kocek demi minyak esensial ini. Selain membeli minyaknya, juga rela membeli seperangkat alatnya seperti carrier oil, botol, pipet, alat disfuser, dan lain sebagainya. Kenapa ya banyak penggemarnya?

Tingkatan Essential oil

Esensial oil memiliki 4 tingkatan. Salah satunya dalam tingkatan tersebut adalah sintesis oil yang dibuat menyerupai EO murni. Yang berarti sama sekali tidak alami. Dari keempat tingkatan tersebut yang paling tinggi atau yang paling bagus kualitasnya adalah tingkatan terapeutik EO alias EO murni. Pure oil gitu istilahnya. Terdapat kandungan komponen terapeutik  (efek menyembuhkan) yang lengkap dan utuh dengan memperhatikan cara menanam sampai pengemasan esensial oil nya.

Manfaat EO untuk kecantikan

Untuk kecantikan, essential oil bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan sabun, sampo, hand body, face wash, dll. Bisa untuk mengatasi jerawat, menghilangkan bekas jerawat, sebagai anti aging, dan masih banyak lagi. Banyak sekali macam-macam essential oil. Masing-masing minyak tersebut memiliki khasiat yang berbeda-beda pula. Pada umumnya, minyak tersebut dicampur dengan bahan lain. Tidak langsung diaplikasikan ke tubuh. Tentu saja ada pedomannya jika ingin membuat skin care/ body care sendiri. Kalau saya sih nggak begitu paham. Jika tertarik membuat skin care/body care, Anda bisa mengikuti kelas/ pelatihannya.

Manfaat EO untuk kesehatan

Untuk kesehatan, essential oil dapat membantu melegakan pernafasan. Seperti Mba Meyril, pengguna essential oil yang telah membuktikan. “Pas aku lagi sesak nafas, aku hirup peppermint lumayan ngebantu melegakan pernafasan. Pas batukku parah, aku campur air panas dan setetes EO peppermint. Alhamdulillah batukku berkurang”.

Allah yang memberikan penyakit pasti juga telah memberikan solusi untuk kesembuhan seperti manfaat dari esensial oil ini. Anda setuju? 

Selain dapat melegakan pernafasan, essential oil juga bisa meningkatkan kesejahteraan psikologis yaitu menjadi relaks, memperbaiki suasana hati (good mood), mengurangi stress, mengurangi kecemasan, mengatasi insomnia. Manfaat lainnya, EO dapat berfungsi sebagai parfum badan, pengharum ruangan, pembersih perabotan rumah tangga. Tentunya mencampur EO dengan bahan lain  dengan ukuran tertentu. Tidak asal mencampur.

Cara menggunakan EO

Secara garis besar cara penggunaan essential oil dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Secara aromatik. Contoh penggunaan secara aromatik adalah menggunakannya sebagai bahan produksi kecantikan. mencampurkan EO beberapa tetes dengan bahan-bahan lainnya. Mengoleskan nya langsung ke tangan. Dillute (diencerkan) yang berarti mencampurkan dengan carrier oil (VCO, jojoba oil). Meneteskan di alat disfuser. Bisa dengan cara steam yaitu meneteskan EO ke mangkok yang berisi air panas. Hirup uapnya untuk melegakan pernafasan.
  2. Secara topikal. Meneteskan EO untuk berendam di bak mandi yang tentunya dicampurkan air ya. Sebagai tambahan untuk pelembab, sampo, maskeran wajah dan lain sebagainya.
  3. Spray. Saya nggak tau masuk di kategori mana . Kalau cara ini teteskan EO dan tambahkan air di botol spray. Bisa juga dicampurkan alkohol. Dapat digunakan untuk matras yoga (yoga mat). Dengan ukuran tertentu ya.


Kelebihan essential oil

  • Sebagai alternatif pengobatan obat medis dokter. Sehingga dapat mengurangi bahan-bahan kimia medis.
  • Bahan alami atau natural tanpa bahan kimia. Sehingga jika dipakai dalam jangka waktu yang lama tidak meninggalkan residu. Tidak ada efek samping.
  • Jika menggunakan EO yang 100% pure atau kualitas paling atas, maka EO ini akan menjadi penyembuh.
  • Serbaguna bisa untuk berbagai keperluan. Seperti yang telah saya sebutkan di atas. Banyak manfaatnya mulai dari kecantikan, kesehatan fisik dan psikologis, pembersih rumah, pengharum ruangan, dan lain sebagainya.

Kekurangan Essential oil

  • Harga yang relatif mahal. Masing-masing merek memiliki harga yang berbeda-beda. Meskipun jenis aromanya sama. Harga yang berbeda bisa dipengaruhi oleh bagian tanaman yang diekstrak, cara pengolahannya, dan cara pengemasannya. Selain harus beli EO nya, juga carrier oil nya, alat disfuser, buku petunjuk nya. Akan tetapi bisa diatasi dengan menjadi member agar bisa mendapat potongan harga.
  • Harus mengikuti petunjuk cara penggunaan. Tidak disarankan dipakai langsung ke kulit. Harus diencerkan dulu dengan carrier oil. Menurut saya ini merepotkan. Maka dari itu, sampai saat ini saya membeli produk kecantikan saja. Daripada mengolahnya sendiri. Belum ngukurnya, beli bahannya, dll. Sama halnya untuk manfaat kesehatan. Pakainya harus begini, nggak boleh begitu.
  • Tidak bisa digunakan untuk semua usia. Perhatikan juga riwayat penyakit yang diderita. Meskipun EO ini alami, jika pemakaian tidak sesuai ketentuan akan menimbulkan efek samping.


KESIMPULAN

Banyak aturannya ya pakai EO. Ya sama halnya sih seperti pemakaian obat medis dokter. Harus dipakai dengan cara ini, digunakan jam berapa, dioleskan di mana, berapa takaran yang sesuai, dan masih banyak aturan lainnya. Untuk pemula pasti akan kebingungan. Maka dari itu, ikuti petunjuk dari buku pedoman EO nya, cari di internet dan ikuti kelas (pelatihan tentang DIY berbahan dasar EO). Saya mencari di internet ada buku yang membahas EO. Kebanyakan dengan berbahasa Inggris. Ada yang berbahasa Indonesia. Itu pun dari merek Young Living. (Ini bukan promosi ya)

Benar kata istilah ada harga ada rupa. Semakin mahal barang, maka akan semakin bagus pula kualitasnya. Sesuaikan dengan budget masing-masing ya. Bijaklah dalam membeli. Jangan asal ikut-ikutan tanpa mengetahui kelebihan dan kekurangan. Dilihat juga termasuk kebutuhan atau keinginan. (Maaf jadi sok penasihat finansial). Begitulah kurang lebihnya. Saya pinjam tagline-nya Mba Tyas founder Sustaination

                  "Think Before You Buy" 

Terimakasih sudah membaca.

Semoga bermanfaat. Stay healthy ya ^^


Referensi :

– website utama spice Bali

– https://www.health.com/mind-body/everything-you-need-to-know-about-essential-oils

– https://www.halodoc.com/6-fakta-seputar-essential-oil-yang-perlu-diketahui

Thanks to : 

– Senja utama yang telah mengadakan online class (kulwap WhatsApp)

– Mba Widya Wardhani sebagai pemateri online class “EO For Body Care”

– Mba Meyril yang bersedia diajak diskusi

You Might Also Like

0 komentar

Mari berteman ^^